Berikut Cara Agar Haid Lancar dan Teratur

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

k24klik-cara-agar-haid-lancar-dan-teratur
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Menstruasi wanita biasanya berlangsung selama dua sampai tujuh hari. Tetapi ada sebagian wanita yang siklusnya tidak lancar. Maka, jika Anda mengalami hal tersebut, berikut beberapa cara agar haid lancar yang sudah tim K24klik rangkum dari berbagai sumber dan bisa Anda tiru.

Penyebab Haid Terlambat

Sebelum mengetahui cara agar haid anda kembali lancar, maka ada baiknya anda terlebih dahulu mengetahui penyebab haid ini terlambat. Ternyata salah satu penyebabnya adalah stres. Tahukah anda bahwa di bagian otak ada hypothalamus sebagai hormon yang memang mengatur periode haid. Tetapi hormon ini cukup mudah dalam memberikan pengaruh terhadap kelancaran haid ketika anda sedang mengalami stres. 

Selain itu, beberapa penyebab lainnya yang bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon, berat badan yang turun drastis, hingga ada penyakit tertentu yang dapat membuat anda mengalami keterlambatan haid. Untuk itu, selalu jaga kesehatan tubuh dengan baik agar beberapa penyebab terjadinya haid terlambat tidak anda alami.

k24klik-penyebab-haid-tidak-lancar
Penyebab haid tidak lancar (Makati Medical Center)

Cara Agar Haid Lancar dan Teratur

Setelah mengetahui beberapa penyebab terlambatnya haid, kini saatnya anda mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan haid. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan singkatnya yang perlu anda ketahui.

Mengonsumsi Bayam

Bayam tentunya memiliki banyak kandungan vitamin K, sehingga sangat baik untuk membuat peredaran darah anda menjadi lancar, termasuk pula darah menstruasi.

Tidak hanya itu saja, bayam juga penuh dengan mineral hingga vitamin, dari mulai folat, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sebagainya, yang pastinya sangat baik untuk kesehatan anda.

Melakukan Pijatan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan pijatan. Tentunya pijatan ini bisa anda lakukan sendiri di beberapa titik tubuh. Seperti dibagian pundak maupun kepala yang terasa berat.

Hal ini dikarenakan dengan adanya pijatan, maka tubuh bisa merasa nyaman dan rileks. Dengan begitu dapat mendorong rahim supaya haid bisa lebih cepat keluar.

Cukupi Waktu Tidur

Terakhir, jangan lupa untuk mencukupi waktu tidur di malam hari. Anda bisa mencoba beberapa cara agar anda bisa cepat terlelap, sehingga bisa memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.

Sebaiknya anda bisa membiasakan diri untuk tidur serta bangun setiap hari pada waktu yang sama, hindari untuk mengonsumsi kafein maupun makanan berat saat mendekati tidur, dan yang paling penting adalah selalu rutin untuk berolahraga.

Jika beberapa cara agar haid lancar di atas juga belum ampuh dalam membuat menstruasi anda kembali lancar dan teratur, jangan ragu mendiskusikan hal ini kepada dokter ya. Agar dapat mendeteksi dini jika terdapat permasalahan kesehatan yang bisa saja anda alami.