Yang Harus Dilakukan Setelah Bepergian

Published by K24Klik on

pulang kerja

Sobat sehat, seringkali kita malas mengganti baju sepulang bekerja atau bepergian seharian dengan alasan capek. Sebagian orang mungkin menganggap sepele kebiasaan tersebut, namun perlu Anda ketahui, kebiasaan seperti ini dapat berefek buruk bagi kesehatan.

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan sesampainya di rumah adalah mencuci muka, tangan, kaki dan berganti pakaian. Karena pada pakaian bekas pakai, terdapat banyak kotoran dan debu yang menempel, termasuk asap kendaraan maupun asap rokok. Pada saat Anda pulang kerja dan langsung membaringkan badan tanpa berganti baju terlebih dahulu, kandungan berbahaya dari debu, kotoran, bekas polusi udara, dan bekas asap rokok tersebut juga bisa menempel di kasur, dan bertahan dalam beberapa waktu. Jika terhirup berkali-kali, debu kotoran dan asap rokok yang menempel tersebut dapat mengganggu kesehatan.

mandi
Ada baiknya jika Anda juga segera mandi. Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin di EDMO Clinic Jakarta, dr. Eddy Karta, SpKK, mandi setelah berkeringat dapat menekan pertumbuhan organisme patogen serta mengatur kadar minyak dan kelembaban. Selain itu, mandi juga dapat membuat badan lebih segar dan membantu mengurangi rasa penat, terlebih jika mandi dengan air hangat.

Setelah mandi, kenakan pakaian bersih, karena mengenakan pakaian kotor berkali-kali untuk tidur, dapat menyebabkan perpindahan kuman dan bakteri dari pakaian kotor ke tubuh. Hal inilah yang nantinya dapat menimbulkan keluhan penyakit kulit seperti infeksi kulit dan jamur(panu).

Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen antioksidan sebelum tidur. Selain berfungsi menjaga kesehatan kulit, suplemen antioksidan juga dapat membantu menetralisir radikal bebas, menjaga kesehatan tubuh, dan meningkatkan kelembaban kulit.