Usia Muda Bukan Jaminan Anda Bebas Dari Penyakit Ini

Published by K24Klik on

jantung

Sobat sehat, sebagian orang beranggapan bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang hanya menyerang usia lanjut saja. Anggapan tersebut salah.

 

Bukan hanya orang tua saja, namun orang yang berusia muda pun juga perlu hati-hati terhadap serangan penyakit yang mematikan satu ini. Salah satu kasus usia muda yang meninggal karena serangan penyakit jantung adalah Mike Mohede. Penyanyi muda Indonesia ini meninggal karena serangan jantung pada usia 32 tahun.

Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung pada usia muda :

obesitas

  • Obesitas : Pada orang yang obesitas, cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan orang normal, dan beresiko mengalami penumpukan lemak pada aliran darah. Penumpukan lemak yang disebut arterosklerosis ini dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menghambat aliran darah dari/menuju ke jantung, sehingga organ jantung harus bekerja dua kali lebih keras. Kondisi tersebut yang memicu terjadinya hipertensi dan gagal jantung.
  • Pola Hidup Tidak Sehat : Seseorang dengan pola hidup tidak sehat seperti jarang olah raga, kurang konsumsi buah dan sayur, serta banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak, lebih rentan terserang penyakit, salah satunya penyakit jantung
  • Merokok : Karbon monoksida dalam asap rokok dan kandungan nikotin pada rokok, dapat meningkatkan risiko munculnya gumpalan darah serta memacu jantung untuk bekerja lebih cepat sehingga makin membebani jantung. Senyawa kimia lain dari asap rokok juga dapat merusak dinding arteri jantung yang dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah. Perokok mempunyai resiko 20-25 persen lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak merokok sama sekali.
  • Riwayat Kesehatan Keluarga : Seseorang dengan riwayat keluarga mengidap penyakit jantung, memiliki potensi lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung dibanding mereka yang keluarganya bebas dari penyakit jantung.

pola hidup sehat

Nah, Sobat Sehat, meski usia Anda masih muda, selalu terapkan pola hidup sehat sejak dini, ya. Karena menerapkan pola hidup sehat sejak dini, akan membantu Anda terhindar dari resiko penyakit jantung serta penyakit lainnya.