Usir Nyamuk Dengan 8 Tanaman Ini

Published by K24Klik on

Penggunaan obat nyamuk atau lotion anti nyamuk, memang dapat membantu mengurangi populasi nyamuk disekitar tempat tinggal. Namun, obat nyamuk yang mengandung bahan kimia, tentu saja memiliki efek negatif bagi kesehatan. Terutama apabila di dalam rumah tersebut juga dihuni oleh anak kecil. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan tanaman sebagai pengganti pengusir nyamuk yang efektif. Selain aman bagi kesehatan dan lingkungan, beberapa tanaman ini juga dapat dijadikan penghias ruangan.

tanaman pengusir nyamuk (1)

Jenis tanaman apa sajakah yang dapat digunakan untuk membasmi nyamuk?

  1. Lavender

Tanaman yang berasal dari Pegunungan Alpen, Swiss, ini banyak digunakan sebagai bahan baku lotion anti nyamuk. Karena zat linalool dan lynalyl acetate yang terkandung di dalam tanaman berwarna ungu ini memang tidak disukai oleh nyamuk. Dengan menggosokkan bunga lavender ke tubuh, Anda dapat terhindar dari gigitan nyamuk. Apabila Anda meletakkan bunga ini sebagai penghias ruangan/ kamar, maka nyamuk pun enggan mendekat.

  1. Zodia

Tanaman yang termasuk dalam famili Rutaceae ini, mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine, yang mampu menghalau nyamuk selama 6 jam. Tanaman ini sering digunakan oleh masyarakat papua untuk melindung diri dari gigitan serangga saat masuk hutan, dengan cara menggosokkan daun tanaman ini ke tubuh. Letakkan tanaman zodia di dekat kipas angin, agar embusan angin dapat membuat aroma zodia menyebar ke seluruh ruangan. Namun, sebaiknya tidak meletakkan zodia di ruangan yang sempit dengan sirkulasi udara terbatas. Karena aroma zodia dapat menyebabkan pening jika terlalu banyak terhirup.

  1. Rosemary

Bunga rosemary memiliki aroma khas seperti bau minyak telon atau minyak kayu putih, yang tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai penghias ruangan. Tempatkan di dekat jendela agar tanaman ini mendapatkan sinar matahari yang cukup, sehingga dapat tumbuh subur.

  1. Geranium

Tanaman yang juga dikenal dengan nama tapak dara ini, dapat mengusir nyamuk karena kandungan zat geraniol atau sitronelolnya. Tempatkan bunga tapak dara atau geranium ini di dekat jendela atau di tempat yang mudah terkena angin, agar aromanya dapat menyebar dengan cepat. Mengoleskan ekstrak geranium pada bagian tubuh, tidak akan menimbulkan iritasi. Nyamuk ini juga efektif untuk mengusir nyamuk Aedes aegypti.

bunga geranium

  1. Akar Wangi

Satu lagi tanaman yang aromanya tidak disukai oleh nyamuk Aedes aegypti dan anopheles aconitus, yaitu akar wangi. Tanaman yang biasanya tumbuh liar dipekarangan rumah ini, memiliki aroma menyengat yang tidak disukai oleh nyamuk.

  1. Citrosa Masquito

Tanaman ini mampu mengeluarkan aroma lemon yang sangat kuat, sehingga menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk terbaik. Hanya saja, tanaman yang berasal dari negeri kincir angin ini masih sulit ditemukan di Indonesia.

  1. Serai

Sama seperti tapak dara/ geranium, serai juga mengandung zat geraniol dan sitronelol yang tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman yang juga digunakan sebagai bumbu masak ini dapat tumbuh subur tanpa perawatan khusus.

  1. Marigold

Bunga ini banyak ditemukan di Indonesia dengan warna yang beragam dan lebih diknal dengan nama bunga tai kotok. Bunga Marigold mengandung tagetes erecta dan tagetes patula, dengan bau menyengat yang tidak disukai oleh nyamuk. Letakkan bunga marigold di salah satu sudut ruangan untuk mengusir nyamuk yang datang.

marigold

Demikian jenis-jenis tanaman yang dapat Anda gunakan untuk membuat nyamuk jaga jarak dengan rumah Anda. Selain lebih sehat, beberapa jenis tanaman tersebut cukup sedap dipandang mata, bukan?


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *