Share this:

Tips Mudik Sehat, Aman, dan Selamat telah dicanangkan oleh Kemenkes sejak tahun 2016 sebagai upaya mudik berjalan dengan tertib dan menyenangkan.

Tips Mudik Sehat dengan kendaraan pribadi
Photo by Steven Striegel on Unsplash

Mudik sudah menjadi tradisi bagi para perantau untuk mempertahankan jalinan silaturahmi dengan keluarga besar. Berbagai pilihan transportasi mudik seperti bus, kereta, kapal hingga pesawat hadir untuk memudahkan jangkauan pemudik untuk pulang ke kampung halaman. Tetapi mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi jauh lebih diminati. Tetapi persiapan mudik dengan kendaraan pribadi juga perlu dilakukan dari jauh-jauh hari. Agar potensi terjadinya kecelakaan dan masalah kesehatan selama mudik bisa dihindari.

Tips Mudik Sehat ala Kemenkes

Berikut adalah tips khusus bagi pengguna kendaraan pribadi yang telah disiapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia agar mudik tetap sehat, aman, dan selamat :

1. Periksa kondisi kelayakan kendaraan

Photo by Niko Lienata on Unsplash

Hal ini penting untuk dilakukan sebagai upaya menunjang keselamatan dan kenyamanan pengendara selama melakukan perjalanan mudik. Selalu pastikan komponen kendaraan seperti rem, kopling, dan hal teknis lainnya sudah cukup siap untuk dilakukan perjalanan jauh. Jangan sampai ketika di tengah perjalanan mudik, kendaraan tiba-tiba mogok dan estimasi waktu bertemu dengan keluarga menjadi semakin lama.

2. Pastikan fisik Anda sehat dan prima selama di perjalanan

Kondisi fisik yang sehat dan prima bisa membantu Anda untuk tetap fokus selama melakukan perjalanan. Selama di perjalanan, alangkah baiknya juga membawa bekal yang cukup seperti air minum, makanan camilan dan buah-buahan untuk menjaga kebutuhan vitamin dan mineral. Apalagi, ketika Anda membawa anak kecil, ibu hamil, lansia (lanjut usia) atau orang yang sedang sakit. Membawa bekal juga mendukung ketersediaan makanan yang bersih dan menjaga kesehatan pencernaan selama di perjalanan.

3. Hindari stres dan nikmati perjalanan Anda

Mudik tidak lepas dengan istilah macet karena terjadinya penumpukan jumlah kendaraan dalam waktu yang signifikan. Apalagi ketika Anda akan melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang sangat jauh. Bangun mindset Anda untuk selalu berpikir positif selama perjalanan agar sampai di rumah dengan nyaman dan selamat. Karena pikiran yang jernih tanpa stres bisa membantu kondisi tubuh selama di perjalanan tetap sehat dan prima.

4. Bila lelah, manfaatkan waktu di perjalanan untuk istirahat

Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek menyarankan bagi pengemudi untuk beristirahat selama 15 menit setiap telah mengemudi selama 4 jam. Karena ketika Anda mengemudi dalam keadaan lelah, risiko keselamatan yang akhirnya dikorbankan. Tentu kejadian ini harus dihindari buat kalian yang ingin sampai di tujuan dengan aman dan selamat.

5. Tips mudik sehat berikutnya adalah bila sakit manfaatkan pos kesehatan

Posko Mudik bagian dari Tips Mudik Sehat ala Kemenkes
Photo by Sehat Negeriku on https://www.flickr.co

Selama kegiatan mudik, Kementerian Kesehatan telah menyediakan Pos Kesehatan di beberapa titik wilayah yang biasa dilewati oleh pemudik. Tujuan pos ini adalah sebagai sarana penunjang pemudik yang kondisi sakitnya butuh obat khusus atau perlu dilakukan pemeriksaan langsung. Selain itu tersedia fasilitas pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi sebelum berangkat. Hal ini untuk mendukung program Kemenkes yaitu GEMES (GErakan MEngemudi Sehat) bagi pengemudi kendaraan pribadi supaya tetap mengemudi dalam keadaan yang layak.

6. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi selama perjalanan

Hal ini sebenarnya wajib untuk dilakukan sebagai upaya pertolongan pertama ketika kondisi tubuh tiba-tiba tidak sehat. Obat-obatan umum seperti paracetamol untuk demam dan dimenhidrinat untuk mengatasi mabuk selama perjalanan atau minyak-minyak aromaterapi untuk mengatasi pusing selama di perjalanan. Tentu saja, Sobat Sehat bisa mendapatkannya di Apotek Online K24Klik.com yang tetap buka selama 24 jam selama Ramadhan.

Mudik telah menjadi tradisi menarik menjelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Kementerian Kesehatan berupaya mendukung kegiatan mudik dengan sehat, aman, dan terkendali dengan memberikan berbagai fasilitas serta tips mudik sehat yang bisa kita manfaatkan. Selalu pastikan kelayakan kendaraan Anda hingga kesehatan pengemudi ataupun penumpang. Marilah mudik dengan sehat, aman, dan selamat!

Sumber : http://www.depkes.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *