Share this:

Tips mengatasi cacingan yang ditimbulkan dari hewan peliharaan di rumah perlu dipahami secara detail. Asal tahu caranya, Anda dan keluarga bisa bebas bermain dengan hewan peliharaan di rumah.

Tips mengatasi cacingan dari hewan peliharaan
Photo by sarandy westfall on Unsplash

Memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan pasti butuh banyak pertimbangan. Sisi positifnya selain bisa dijadikan sebagai teman bermain, hewan peliharaan juga dapat menumbuhkan rasa kasih sayang, empati dan tanggung jawab pada anak sejak masa kanak-kanak. Di samping sisi positif yang ditimbulkan, perlu diwaspadai adanya efek negatif yang mungkin timbul.

Infeksi cacing yang mungkin saja dibawa dari hewan dapat menimbulkan risiko terkena cacingan pada anak dan keluarga. Tetapi Anda serta keluarga tidak perlu cemas ataupun khawatir tidak bisa memelihara hewan di rumah. Selagi tahu tips mengatasi cacingan yang tepat, Anda dapat memiliki hewan peliharaan yang lucu tanpa khawatir terkena risikonya.

Hewan Peliharaan Berisiko Terkena Infeksi Cacing?

Photo by Philippine FITAMANT on Unsplash

Jenis hewan peliharaan seperti kucing atau anjing rentan terkena infeksi yang diakibatkan oleh cacing. Kedua jenis hewan ini dijadikan inang atau host oleh cacing untuk berkembang biak. Infeksi oleh cacing tambang, cacing gelang, dan cacing cambuk yang spesifik terhadap hewan tersebut bisa meningkatkan risiko terkena cacingan pada manusia. Contoh cacing tambang yang menginfeksi hewan adalah Ancylosstoma duodenale dan Necator americanus. Apabila kucing atau anjing yang sudah terinfeksi oleh salah satu cacing tersebut, secara tidak langsung Anda dan si kecil akan terinfeksi.

Selain itu, manusia bisa terinfeksi cacing kremi dari telur cacing yang menempel pada bulu kucing dan anjing. Walaupun pada umumnya, jenis cacing kremi tidak memainkan peranan penting dalam menyebarkan infeksi cacingan pada manusia. Karena jenis cacing ini tidak bisa bertahan dalam usus hewan peliharaan. Jenis cacing gelang, cacing cambuk dan cacing tambang juga bisa tersebar melalui kotoran hewan peliharaan.

Bagaimana Cacing Dapat Masuk Tubuh Manusia melalui Hewan Peliharaan?

Saat hewan peliharaan Anda terinfeksi cacing, telur cacing akan terbawa keluar bersamaan dengan kotoran kemudian berkembang menjadi larva. Ketika tangan Anda atau si kecil tidak sengaja menyentuh kotoran dengan tangan kosong, cacing dapat berisiko masuk ke dalam tubuh.

Terdapat berbagai macam cara cacing bisa masuk ke dalam tubuh manusia, yaitu :

  • Dengan menembus melalui kulit atau masuk ke dalam mulut saat makan dengan tangan kotor.
  • Menempatkan sesuatu di mulut setelah hewan peliharaan menggigit barang tersebut. Hal ini berisiko tinggi pada anak kecil karena belum bisa membedakan barang yang kotor atau tidak.
  • Keadaan di mana wajah Anda atau si kecil dijilat oleh hewan peliharaan.

Tips Mengatasi Cacingan Dimulai dari Langkah Awal Ini

Beberapa upaya pencegahan harus dilakukan oleh Anda dan keluarga untuk mencegah hewan peliharaan terinfeksi oleh cacing. Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan dalam merawat hewan peliharaan agar terhindar dari infeksi, yaitu :

Photo by Autri Taheri on Unsplash
  1. Menyimpan kotak pasir atau arena bermain tertutup untuk mencegah kucing atau anjing buang air besar di dalamnya.
  2. Selalu pastikan Anda mengumpulkan dan membuang semua kotoran hewan peliharaan menggunakan sarung tangan dan alas kaki. Jangan sekali-kali mengambilnya dengan tangan kosong, ya! Karena akan berisiko tertular melalui sentuhan kulit.
  3. Mandikan hewan peliharaan Anda secara berkala agar kutu hewan dapat dikendalikan secara proaktif.
  4. Hindari memberikan daging mentah atau jeroan saat menyiapkan makanan untuk hewan peliharaan Anda.
  5. Menjalani program vaksin anti-cacing agar tidak ada risiko infeksi bagi Anda sekeluarga.

Keluarga Anda Terinfeksi Cacingan dari Hewan Peliharaan? Obati dengan Cara Ini

Lalu bagaimana jika hewan peliharaan Anda terlanjur terinfeksi oleh parasit cacing dan berakibat munculnya gejala infeksi pada Anda dan keluarga termasuk si kecil? Jika terjadi infeksi, obat cacing dengan kandungan Pirantel Pamoat dapat diberikan sedini mungkin. Zat ini mampu melumpuhkan cacing secara efektif dalam tubuh dengan cara mendepolarisasi senyawa penghambat neuromuskuler cacing, kemudian mengeluarkannya bersama dengan kotoran. Pirantel Pamoat dapat Anda temukan di Combantrin yang tersedia di Apotek Online K24Klilk.

Beli Combantrin di K24Klik

Jangan lupa untuk mengobati diri Anda dan seluruh anggota keluarga dan pastikan diberikan tindakan cepat untuk memastikan pengobatan infeksi secara menyeluruh. Semakin cepat infeksi cacing teridentifikasi dan diobati, semakin cepat Anda dan keluarga kembali beraktifitas secara normal. Si kecil juga bisa kembali bermain dan menjadi diri mereka sendiri. Hewan peliharaan yang terinfeksi juga harus langsung diobati secara berkala. Ditambah dengan tindakan pengobatan cacing pada hewan yang telah diakui.

Tips mengatasi cacingan dari hewan peliharaan yang terinfeksi tidak boleh sengaja diabaikan oleh Anda dan keluarga. Selalu menjaga lingkungan rumah yang bersih dan terawat adalah kiat paling utama. Rawat hewan peliharaan Anda seperti bagian dari keluarga sendiri. Agar keinginan untuk memiliki hewan peliharaan di rumah segera terwujud tanpa khawatir terkena infeksi cacingan.

Sumber : diambil dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *