Share this:

Terapi Pasca Stroke hingga Nutrisi Terbaik saat Terapi Pemulihan

Terapi pasca terkena stroke merupakan bagian dari perawatan yang sangat penting untuk penderita stroke. Latihan-latihan yang diberikan dalam terapi stroke dapat membantu penderita menjalani rutinitas sehari-hari secara mandiri serta membantu menjaga fungsi otak.

Stroke merupakan kondisi dimana pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang karena tersumbatnya aliran darah atau pecahnya pembuluh darah di otak. Umumnya seseorang yang mengalmai stroke akan mengalami penurunan fungsi otak yang dapat berupa gangguan berbicara, mengingat, bergerak dan sebagainya. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu pemulihan pasien pasca stroke? Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

Terapi Pasca Stroke

Terapi Pasca Stroke
https://www.freepik.com

Pasien pasca stroke dapat memulai terapi sejak 24-48 jam setelah serangan, jika kondisi sudah stabil. Melakukan rehabilitasi tidak dapat menyembuhkan kerusakan yang disebabkan oleh stroke, namun dapat membantu pasien stroke mempelajari kembali kemampuan atau keterampilan yang hilang dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Terapi yang diberikan pada pasien pasca stroke berbeda-beda tergantung pada derajat penurunan kemampuan. Berikut beberapa contoh terapi yang bisa diberikan pada pasien pasca stroke.

  • Terapi memori

    Banyak atau sedikitnya memori yang hilang pasca stroke tergantung pada usia, tingkat keparahan stroke, letak terjadinya stroke dan kondisi kesehatan penderita sebelum terserang stroke. Namun ingatan tersebut dapat kembali seiring dengan pemberian latihan yang menstimulasi otak.

  • Terapi gerakan

    Rehabilitasi ini merupakan salah satu bentuk fisioterapi stroke yang paling penting. Penelitian menunjukkan bahwa terapi gerakan seperti treadmill, olahraga keseimbangan dan mengangkat beban terbukti dapat meningkatkan kemampuan berjalan penderita stroke setelah satu tahun berlatih.

  • Terapi bicara

    Pasca stroke, gangguan bicara menjadi salah satu dampak yang akan terjadi. Terapi bicara dapat dilakukan untuk membantu pasien stroke malatih kemamuan bicara serta melatih otot-otot mulut untuk menelan.

Lamanya pemberian rehabilitasi bergantung pada tingkat keparahan dan komplikasi stroke serta respon pasien terhadap terapi. Selain melakukan terapi, pasien pasca stroke juga membutuhkan nutrisi yang tepat untuk keadaan tersebut. Berikan asupan seperti makanan rendah lemak, sayur dan buah-buahan, pembanyak minum air utih serta suplemen pendukung pasca stroke seperti Pertibren 210 G.

Nutrisi Pemulihan Pasca Stroke

makanan cair untuk stroke

Peptibren 210 G merupakan susu serbuk sebagai makanan cair khusus untuk gangguan neurologi, misal stroke dan demensia. Peptibren 210 G dapat mempercepat rehabilitasi pasien stroke dari segi motorik maupun kognitif serta melindungi dan memperbaiki membran sel syaraf.

Hanya di K24Klik, beli Peptibren 210 G hanya setengah harga. Yuk, dukung orang terkasih untuk melalui masa pemulihan pasca stroke dengan memberikannya Peptbren 210 G! Info lebih lanjut klik di sini.

 

Sumber : dari berbagai sumber.

Bagikan & sehatkan dunia : <br/>Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+
Pin on Pinterest
Pinterest
Email this to someone
email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *