Tanda-tanda Keguguran serta Cara Mencegahnya yang Wajib Diketahui

Published by Dewi Dwiputri on

Tanda-tanda Keguguran serta Cara Mencegahnya yang Wajib Diketahui

Keguguran adalah salah satu penyebab umum terputusnya kehamilan, tetapi tanda-tanda keguguran tidak selalu sama untuk setiap wanita yang mengalaminya. Sobat Sehat mungkin mengira bahwa keguguran selalu ditandai dengan sakit perut hebat dan darah yang mengalir deras, tetapi kasusnya tidak selalu seperti itu.

tanda-tanda keguguran

https://www.freepik.com/

Mengenali tipe dan tanda keguguran akan membantu Sobat Sehat untuk waspada jika berencana untuk hamil. Berikut hal-hal yang harus diketahui tentang keguguran.

Keguguran Menurut Tipe

Keguguran biasanya terjadi antara minggu ke-13 hingga 20 dalam kehamilan, tetapi gejalanya bisa berbeda-beda, sesuai tipenya. Berikut beberapa jenis keguguran (miscarriage) yang mungkin terjadi:

  • Missed miscarriage

Keguguran tipe ini biasanya tidak terdeteksi, karena tidak ada pendarahan atau embrio yang keluar. Satu-satunya petunjuk adalah hilangnya suara detak jantung dari ultrasound serta absennya gejala kehamilan lebih lanjut.

  • Threatened miscarriage

Keguguran jenis ini biasanya terjadi pada awal kehamilan, dengan gejala seperti pendarahan, kram dan nyeri pada punggung bawah, tetapi mulut rahim tidak terbuka.

  • Inevitable miscarriage

Keguguran ini biasanya disertai dengan kram, pendarahan, dan mulut rahim yang sudah mulai membuka. Kram dan pendarahan pada keguguran jenis ini biasanya bertahan cukup lama.

  • Complete miscarriage

Keguguran jenis ini adalah tipe yang banyak dikenal, yaitu ketika embrio benar-benar keluar dari rahim. Pendarahan pada keguguran jenis ini biasanya cepat berhenti.

  • Keguguran berulang

Istilah ini mengacu pada keguguran yang terjadi minimal tiga kali berturut-turut. Keguguran jenis ini biasanya menimpa sekitar satu persen populasi wanita.

Penyebab keguguran bisa bervariasi, tetapi biasanya berkisar pada kelainan kromosom, yang mengakibatkan masalah pada pembentukan embrio. Usia kehamilan yang terlalu muda atau tua, trauma, kebiasaan merokok dan minum alkohol, kondisi kesehatan ibu yang kurang baik, hingga kontak dengan bahan kimia juga bisa meningkatkan risiko keguguran.

Cara Mengurangi Risiko Keguguran

tanda-tanda keguguran

https://www.freepik.com/

Keguguran bisa menimpa siapa saja, dan biasanya tidak bisa dicegah jika penyebabnya adalah kelainan kromosim. Akan tetapi, ada cara untuk mengurangi risikonya. Sobat Sehat bisa melakukan langkah-langkah ini:

  • Menghentikan kebiasaan negatif

Ibu hamil tidak boleh merokok dan minum alkohol, demi mengurangi risiko masalah pada janin serta keguguran.

  • Makan sehat dan menjaga berat badan

Obesitas adalah salah satu faktor risiko keguguran serta persalinan sulit. Ibu hamil wajib makan makanan sehat, tetapi dengan nutrisi seimbang sehingga berat badan tetap terjaga.

  • Mengurangi stres

Ibu hamil bisa melakukan beberapa metode untuk mengurangi stres agar tidak membayakan kondisi janin. Selain meditasi, latihan pernapasan, serta beristirahat, ibu hamil juga bisa berkonsultasi dengan dokter, keluarga atau teman dekat, dan bahkan psikiater.

Sobat Sehat bisa menemukan informasi tentang kehamilan dari dokter, sumber informasi medis seperti K24klik.com, serta panduan penggunaan obat tertentu di live chat K24Klik. Pastikan mengetahui tentang tipe dan tanda-tanda keguguran saat merencanakan kehamilan, agar tahu kapan harus ke dokter.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *