Share this:

Tahap Melahirkan Normal, Berikut yang Harus Ibu Ketahui

Setiap calon Ibu pasti memiliki bayangan masing-masing tentang bagaimana mereka akan melahirkan kelak. Meskipun kebanyakan orang memilih melahirkan secara normal, tapi sebagian calon Ibu lain harus melahirkan melalui operasi caesar. Ada banyak faktor yang membuat seorang perempuan harus melahirkan dengan cara operasi. Salah satunya adalah masalah kesehatan Ibu maupun janin yang bisa saja membahayakan jika kelahiran normal dilakukan.

tahap melahirkan normal
https://www.freepik.com

Tapi jika kita tidak memiliki masalah atau risiko kelahiran yang membahayakan, melahirkan normal bisa menjadi pilihan paling bijak. Bagi yang belum berpengalaman, jangan dulu takut jika Anda harus melahirkan secara normal. Meskipun rasa sakitnya mungkin membuat kapok, tapi jika kita memahami tahapan yang ada rasa sakit itu bisa berkurang dan dicegah seminimal mungkin.

Pada dasarnya, ada 3 tahapan yang harus dilalui seorang Ibu untuk bertemu buah hati mereka, yaitu:

Tahap Melahirkan Normal Pertama

Pembukaan merupakan tahapan pertama yang harus dilalui calon Ibu sebelum melahirkan. Pembukaan merupakan proses terbukanya leher rahim untuk memberi jalan pada kepala bayi yang akan keluar. Proses ini biasanya ditandai dengan kontaksi bertahap yang semakin lama semakin sering dirasakan.

Bagi yang baru pertama kali melahirkan normal, proses pembukaan biasanya berlangsung selama 18 jam. Meskipun sakit, proses ini tetap harus dilalui karena merupakan sistem alami yang pasti akan terjadi sebelum terjadinya kelahiran. Agar rasa sakit tidak terlalu terasa, Sobat Sehat bisa berjalan-jalan keliling lingkungan sekitar dan berdoa.

Tahapan Kedua

Tahapan yang kedua adalah mengejan. Pada tahap ini Anda biasanya akan merasakan tekanan pada otot perut seperti ingin buang air besar. Semakin lama tekanan tersebut akan semakin sering. Tahapan ini harus dilakukan agar jalan keluar bayi terbuka secara penuh, sehingga tenaga medis bisa mudah menarik keluar kepala bayi.

tahap melahirkan normal
https://www.freepik.com

Ada beberapa teknik mengejan yang bisa kita pelajari selama proses persiapan kelahiran. Bahkan saat ini, ada senam hamil yang dapat membantu kita berlatih mengejan untuk meminimalisasi proses yang menyakitkan.

Tahapan Ketiga

Setelah bayi keluar, kontraksi biasanya masih akan berlanjut. Ini berarti, Anda sedang memasuki tahapan ketiga. Tahapan ini akan berlangsung selama 10 sampai 20 menit hingga plasenta atau ari-ari terlepas dari dinding rahim dan keluar dari vagina. Begitu plasenta keluar, biasanya kita tidak akan merasakan sakit lagi.

Setelah tenaga medis turun tangan untuk melakukan prosedur paskamelahirkan, Anda bisa mulai bergerak dan menggendong bayi yang baru dilahirkan.

Jadi, masih takut melahirkan normal? Sebaiknya tidak. Karena bagaimanapun, melahirkan merupakan kodrat perempuan. Jadi kita tidak perlu terlalu merasa khawatir. Bagaimanapun, tubuh dan organ kita sudah dirancang sedemikian baiknya oleh Tuhan agar bisa melalui proses melahirkan dengan baik.

Untuk informasi tentang vitamin atau obat-obatan paskamelahirkan, Anda bisa mengunjungi situs K24Klik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *