Share this:

Suplemen DHA dan EPA yang Penting untuk Perkembangan Otak Anak

suplemen dha dan epa
https://www.pexels.com

Omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh khususnya otak. Beberapa jenis omega-3 yang sering dikenal yakni DHA dan EPA. Apa sebenarnya DHA dan EPA serta apa saja manfaatnya bagi tubuh? Yuk, cari tahu di artikel ini!

Apa Fungsi DHA

DHA (docosahexaenoic acid) adalah sejenis asam lemak yang termasuk ke dalam jenis omega-3 yang terkandung pada ikan dan makanan laut. Tak hanya itu, DHA juga dapat menghasilkan seperempat lemak sebagai komposisi otak dan merupakan bagian dari struktur membran neuron.

Otak membutuhkan omega-3 dan DHA agar dapat berfungsi. Omega-3 dapat membantu pembentukan neuron dan transporter glukosa. Sedangkan DHA berperan penting pada materi abu-abu di otak yaitu kecerdasan dan di retina yakni penglihatan total mata. Hal tersebut dilakukan dengan membentuk kepekaan neuron sehingga dapat membantu menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat.

Anak usia dini sangat membutuhkan asupan DHA dan omega 3 untuk menutrisi otaknya. Kekurangan DHA akan menurunkan indeks kecerdasan seorang anak terutama anak yang tidak diberikan ASI. Karena ASI memiliki kandungan DHA yang lebih baik dari pada susu sapi. Hal ini sesuai dengan studi yang dilakukan di Amerika Serikat yakni anak yang diberikan ASI serta asupan DHA yang cukup secara statistik memiliki nilai 8,3 poin lebih tinggi dari pada anak yang diberikan susu sapi serta tidak mendapatkan DHA yang cukup.

Apa Sebenarnya EPA itu?

EPA atau eicosapentaenoic acid merupakan salah satu asam lemak Omega-3 yang dapat disebut juga pemurni darah. Asam lemak ini memiliki efek utama yakni membantu produksi prostalgin dalam darah. Fungsi prostalgin sendiri adalah :

  • Mencegah penumpukan trombosit
  • Mengurangi dan mencegah terjadinya trombosis
  • Menurunkan kolesterol dan trigliseria dalam darah
  • Mengurangi voskositas darah

Selain itu, EPA juga dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis, oleh karenanya, EPA yang cukup dapat memberikan efek posifit dalampencegahan dan pengobatan penyakit jantung aterosklerosis.

Pentingnya Pemberian Suplemen DHA dan EPA

Promo Kalbe

Pemberian suplemen DHA dan EPA seperti Cerebrofort Marine Gummy sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak-anak. Menurut anjuran ANSES French Food Safety Agency (2010), kebutuhan total jumlah DHA harian ialah :

  • Anak-anak pada usia 0-6 bulan: 0,32% dari total asam lemak
  • Usia 6-12 bulan: 70 mg/hari
  • Usia 1 sampai 3 tahun: 70 mg/hari
  • Pada usia 3-9 tahun: 125 mg/hari
  • Ibu hamil dan menyusui: 250 mg/hari

Cerebrofort Marine Gummy sendiri merupakan satu-satunya gummy yang diperkaya dengan minyak ikan tuna untuk membantu kecerdasan anak. Minyak ikan yang berasal dari ikan tuna, memiliki kandungan omega 3 (DHA dan EPA) yang tinggi dan baik untuk tumbuh-kembang anak.

Beli suplemen DHA dan EPA, Cerebrofort Marine Gummy sekarang di K24Klik dan dapatkan diskon spesial hanya untuk kamu.

 

Sumber : dari berbagai sumber.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *