Mengenal 3 Gejala Munculnya Sindrom Geriatri pada Lansia

Published by Dewi Dwiputri on

Sindrom Geriatri pada Lanjut Usia yang Perlu Kamu Ketahui

Sindom Geriatri pada lanjut usia

https://www.tforg.com

Menjadi tua bukanlah sebuah pilihan. Sebagai makhluk dengan daur hidup yang relatif singkat, manusia pada akhirnya akan menua dengan sendirinya. Pada titik tertentu, akan disertai dengan beragam gangguan kesehatan akibat kinerja tubuh yang sudah tak lagi prima.

Sindrom Geriatri adalah sebutan bagi gangguan kesehatan pada lansia. Kehadiran sindrom ini sejatinya adalah akumulasi dari pola hidup tidak sehat yang diakukan semasa muda, seperti konsumsi junk food, makanan tinggi lemak, dan alkohol. Selain itu, Sindrom Geriatri juga dapat disebabkan oleh perubahan fisiologis pada tubuh penderita sebagai dampak dari proses penuaan.

Sindrom ini dapat berubah menjadi masalah kesehatan yang serius apabila tidak segera ditangani. Oleh karena itu, mengenal gejala kemunculan Sindrom Geriatri pada lanjut usia sangat penting untuk dilakukan. Berikut adalah 3 gejala utama yang perlu Sobat Sehat ketahui:

  1. Sindrom Geriatri pada lanjut usia, Penurunan Mobilitas Tubuh (Kemampuan Gerak)

Lansia pada umumnya memiliki keterbatasan fungsi gerak tubuh sebagai dampak dari penuaan otot dan rangka tubuh. Khusus bagi penderita Sindrom Geriatri, keterbatasan mobilitas tubuh ini sangat terlihat mulai dari gerakan yang kaku, lambat, dan limbung.

Penurunan mobilitas ini biasanya terjadi akibat kurangnya konsumsi zat penting yang dibutuhkan tulang seperti kalsium, fosfor, dan vitamin D. Krisis zat-zat tersebut akan secara langsung memengaruhi kondisi fisiologis lansia dengan gangguan Sindrom Geratri, sehingga tubuh menjadi bungkuk dan sulit bergerak. Selain itu, penderita sindrom ini juga mengalami inkontinensia urin alias sering mengompol, karena hilangnya kemampuan untuk mengontrol otot yang mengatur saluran urine.

  1. Timbulnya Gejala Penyakit yang Memengaruhi Memori (Delirium, Demensia, atau Alzheimer)

Sindrom Geriatri pada lanjut usia

https://www.organicfacts.net

Penyakit memori seperti delirium, demensia, dan alzheimer adalah gejala yang sangat umum dirasakan para penderita Sindrom Geriatri. Lansia yang sudah terjangkit gejala ini sering kali menunjukkan perilaku linglung, mudah lupa, sering berhalusinasi, dan sulit berkomunikasi.

Selain akibat dari Sindrom Geriatri, timbulnya gejala-gejala tersebut seringnya juga berhubungan dengan malnutrisi pada lansia, yang berasal dari pola makan tidak sehat atau faktor kondisi ekonomi seperti kemiskinan.

  1. Munculnya Perasaan Stres dan Depresi secara Bertahap

Sindrom Geriatri pada lansia secara bertahap membuat penderitanya cenderung menarik diri dari masyarakat dan mudah terserang rasa kecemasan berlebih, stres, dan depresi. Untuk mengatasi gejala ini, keluarga dan masyarakat memegang peranan penting pada proses rehabilitasi si penderita. Selain itu, penderita juga dapat mengonsumsi suplemen yang terbukti ampuh mengurangi kadar stres seperti ekstrak Ginkgo Biloba.

Itulah 3 gejala munculnya Sindrom Geriatri pada lansia. Apabila semua gejala tersebut telah terlihat pada salah satu anggota keluarga atau kerabat dekat Anda, segera ambil langkah preventif. Sobat Sehat dapat menghubungi dokter, atau berkonsultasi melalui layanan live chat www.k24klik.com untuk menemukan obat dan suplemen ampuh yang sesuai dengan kebutuhan.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *