Share this:

Seks Tidak Sehat Picu Berbagai Penyakit Seksual Menular

Penyakit Seksual Menular Karena Seks Tidak Sehat

seks tidak sehat

Seks tidak sehat dapat menimbulkan penyakit menular seksual. Definisi seks sehat bukan hanya dari penggunaan kondom atau alat pelindung lain, namun posisi serta gerakan seks yang salah juga bisa memicu timbulnya cidera dan penyakit.

Berikut beberapa penyakit seksual menular yang sering dialami karena seks tidak sehat:

1. Gonore atau kencing nanah

Gonore merupakan penyakit menular yang paling sering ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi sebelumnya. Kencing nanah atau Gonore ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus yang dapat dengan mudah menggandakan diri dan tumbuh cepat di dalam selaput lendir tubuh seperti organ intim, anus, mulut dan tenggorokan. Gejala yang timbul seperti, cairan kental berwarna putih atau kuning kehijauan dari dalam organ intim, perih saat buang air kecil, nyeri panggul atau perut bagian bawah, mengalami flek setelah berhubungan, perdarahan di antara waktu haid, radang vulva (bibir kelamin perempuan), pembengkakan kelenjar di tenggorokan, atau tenggorokan terasa perih setelah melakukan seks oral.

2. Herpes genital

Herpes merupakan penyakit menular seksual yang terjadi karena adanya virus herpes simpleks. Tidak hanya menyebar melalui hubungan seks, penyakit ini juga dapat menyebar hanya dengan menyentuh bagian luka herpes. Penyakit ini dapat ditandai dengan adanya bintil air putih atau benjolan merah kecil serta rasa sakit yang muncul setelah melakukan hubungan intim. Selain itu, ketika kulit sekitar kelamin yang melepuh pecah atau berdarah, akan menimbulkan bekas luka atau borok. Bekas luka tersebut yang kemudian menimbulkan sakit ketika buang air kecil. Hingga saat ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan herpes genital secara total, pengobatan yang dilakukan hanya untuk mengurangi gejala.

Penyakit Seksual Menular Lainnya Akibat Seks Tidak Sehat

1. Cold sore atau luka melepuh

Cold sore (luka melepuh) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus HSV-1 dan dapat ditularkan melalui hubungan seks oral atau melalui ciuman dengan orang yang sudah terinfeksi. Sama seperti herpes pada organ intim, luka cold sore mungkin bisa kambuh kembali, dan untuk mengatasi lukanya sobat sehat bisa menggunakan obat antivirus. Umumnya gejala yang timbul seperti gatal, kesemutan, luka melepuh yang berisi cairan dan dapat meninggalkan luka. Timbulnya demam, pusing, atau sakit otot juga mungkin terjadi.

2. Kutil kelamin (HPV)

Kutil kelamin ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) yang dapat menyebar melalui hubungan seks, atau melalui luka di lapisan kulit. Hal ini dapat ditandai dengan adanya kutil di sekitar kelamin termasuk anus, namun dapat pula timbul di bagian tubuh lainnya yang terkena virus. Seperti pada bagian tangan, jari tangan, bagian telapak kaki, wajah, dan leher. Kutil ini pun dapat menimbulkan rasa gatal dan sakit.

3. Chlamydia

Chlamydia disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini dapat menular melalui seks oral, anal, dan saling bersentuhannya alat kelamin tanpa menggunakan kondom. Chlamydia juga bisa menular melalui alat bantu seks yang tidak dilapisi dengan kondom atau tidak dicuci sampai bersih setelah digunakan. Berhubungan seksual dengan banyak orang atau berganti-ganti pasangan, dapat meningkatkan risiko terjangkit chlamydi.

Seks Tidak Sehat, Seperti Seks Anal Ini Bahayanya!

Selain penyakit menular seksual diatas seks tidak sehat seperti seks anal juga dapat menyebabkan munculnya penyakit HIV. Hal ini dapat terjadi karena jaringan di dalam anus tidak memiliki perlindungan natural sehingga mudah sekali terjadi infeksi. Anus adalah organ tubuh yang sangat sensitif karena sarat dengan ujung saraf sehingga dapat menjadi area stimulasi seks yang menyenangkan. Namun kesenangan ini tidak sepadan dengan risiko yang terkandung. Akibat lainnya yang dapat timbul selain HIV yakni kanker anal serta memicu otot anus kesulitan menahan feses.

Pola hidup sehat dengan seks sehat dapat mencegah timbulnya penyakit-penyakit diatas. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan gizi seimbang dan olahraga teratur, bila perlu konsumsi suplemen daya tahan tubuh.

Sumber : alodokter

4 thoughts on “Seks Tidak Sehat Picu Berbagai Penyakit Seksual Menular Salah Satunya HIV”

  1. Salam sehat,
    Untuk konsultasi dan informasi mengenai produk kesehatan, Anda dapat langsung menghubungi health Consultant melalui Live Chat di K24Klik.com

  2. Salam sehat Bp. Harry,

    Untuk informasi dan konsultasi seputar produk kesehatan, Anda dapat langsung menghubingi Health Consultant K24Klik melalui live chat di http://www.k24klik.com. Semoga bermanfaat ­čÖé

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *