Share this:

Sakit Ketika Berhubungan Intim, Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

sakit saat berhubungan intim
https://www.pexels.com

Rasa sakit saat berhubungan intim terkadang dirasakan oleh sebagian wanita. Ini dapat menjadi pertanda adanya masalah pada kesehatan. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini dapat mengganggu hubungan intim kamu bersama pasangan. Ingin tahu apa saja penyebab hingga cara mengatasinya? Tetap baca artikel ini hingga usai ya!

Sakit Ketika Berhubungan Intim, Ini Penyebabnya

Sakit ketika berhubungan intim, dalam ilmu kedokteran disebut dispareunia. Rasa sakit yang dirasakan pada setiap wanita berbeda-beda. Ada yang merasakan sakit saat pasangan baru memulai penetrasi. Namun ada pula yang merasakannya setelah dilakukan penetrasi mendalam.

Nyeri yang dirasakan di awal penetrasi dapat disebabkan oleh :

  1. Kurangnya cairan lubrikasi. Cairan lubrikasi dapat diproduksi secara alami oleh vagina ketika wanita terangsang. Penyebab utama produksi cairan lubrikasi yang sedikit yakni kurangnya pemanasan (foreplay).
  2. Vagina mengalami infeksi. Kondisi ini sering terjadi umunya karena infeksi jamur.
  3. Cedera atau iritasi yang dapat disebabkan oleh operasi panggul akibat kecelakaan, dapat juga disebabkan oleh episitomi.
  4. Perasaan takut sebelum bercinta pun kerap dirasakan oleh wanita. Hal ini dapat membuat otot vagina kejang sehingga membuat vagina terasa sakit saat pasangan melakukan penetrasi.
  5. Menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia atau pewangi.

Sedangkan nyeri yang dirasakan setelah penetrasi mendalam dapat disebabkan oleh kista, ovarium, endometriosis, fibroid rahim, wasir, sindrom iritasi usus, atau penyakit menular seksual. Penyakit dengan radang panggul juga akan merasakan nyeri terutama ketika ada tekanan-tekanan saat berhubungan seksual serta wanita yang menjalani kemoterapi atau radiasi.

Selain hal-hal tersebut, rasa sakit yang muncul juga dapat disebabkan karena faktor emosional, seperti perasaan stres, depresi, cemas, khawatir dengan penampilan fisik atau memiliki riwayat pelecehan seksual.

Cara Mengatasi Nyeri Saat Berhubungan Intim

dispareunia
https://www.pexels.com

Apabila nyeri hanya terjadi sesekali dan tidak disertai dengan pendarahan, kamu dan pasangan dapat mencoba mengatasinya sendiri dengan langkah berikut:

  • Komunikasi. Ini merupakan hal yang penting saat berhubungan seksual. Tanpa komunikasi yang baik, kamu akan sulit mencapai kenikmatan saat bercinta. Jika terasa sakit saat berhubungan, jangan ragu untuk memberi tahu pasangan agar gerakan dapat diperlambat.
  • Ganti posisi. Kamu bisa mencoba merubah posisi seperti berada di atas saat berhubungan seksual. Dengan posisi tersebut, kamu bisa mengontrol gerakan penetrasi hingga kedalaman yang membuat kamu nyaman.
  • Jangan terburu-buru. Nyeri bisa terjadi saat penetrasi yang terlalu cepat, padahal kamu belum siap. Kamu dapat memberi tahu pasangan untuk memperpanjang foreplay (pemanasan). Hal ini dapat merangsang cairan lubrikasi keluar dari vagina. Kamu juga dapat meminta pasangan untuk menyentuh bagian tubuh yang sensitif agar mudah terangsang.
  • Gunakan pelumas. Apabila cairan lubrikasi alami tidak dapat meredakan rasa sakit, kamu bisa menggunakan pelumas. Namun pastikan pelumas yang digunakan cocok untuk kamu.

Nah Sobat Sehat, itu tadi penyebab serta cara mengatasi rasa sakit saat berhubungan seksual.  Hindari melakukan hubungan intim hingga rasa nyeri mereda serta kunjungi dokter jika rasa sakit mengganggu dan disertai gejala lainnya.

 

Sumber : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *