Share this:
risiko penggunaan high heels
https://www.freepik.com

Risiko Penggunaan High Heels saat Lebaran

Mengenakan high heels atau sepatu berhak tinggi saat lebaran membuat sebagian wanita lebih percaya diri. Namun dibalik itu, terdapat risiko penggunaan high heels dalam waktu lama. Bagi Sobat Sehat yang berniat menggunakan sepatu berhak tinggi saat Hari Raya simak terus artikel ini hingga usai ya!

Perubahan Postur Tubuh Akibat Penggunaan Sepatu Berhak Tinggi

High heels atau sepatu berhak tinggi membuat tubuh harus menyesuaikan postur untuk menjaga keseimbangan. Beban tubuh pun ikut bergeser ke arah depan dan menyebabkan kaki harus menumpu tambahan beban tubuh sebesar 20%. Tak hanya itu, sepatu berhak tinggi juga membatasi pergerakan dan tenaga dari persendian kaki serta membuat lutut tetap dalam keadaan bengkok ketika berjalan

Risiko Pengguaan High Heels dalam Waktu Lama

Perubahan postur tubuh dalam waktu lama dapat mendatangkan risiko beberapa penyakit. Risiko penggunaan high heels antara lain:

Osteoartritis

Tekanan yang terjadi pada lutut saat penggunaan sepatu berhak tinggi dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya osteoartritis. Kondisi ini terjadi karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi yang mengakibatkan rasa nyeri dan peradangan.

Achilles tendinitis

cedera kaki
https://www.pexels.com

Tendon Achilles merupakan jaringan ikat yang berperan penting pada pergerakan kaki ketika berjalan. Pemakaian hak tinggi secara terus-menerus dan dalam jangka panjang dapat menimbulkan peradangan pada tendon ini dan menyebabkan tendinitis. Gejala yang dapat terjadi yakni otot betis terasa menegang saat meregangkan kaki serta nyeri dan bengkak pada tumit ketika berjalan. Apabila mengalami radang atau cedera, tendon Achilles akan robek dan membuat kamu tidak bisa berjalan.

Metatarsalgia

High heels yang tinggi dan runcing membuat tekanan berlebihan pada telapak kaki bagian depan atau tepat di bawah jari kaki. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit akut pada daerah tersebut. Apabila tidak ditangani dengan segera, nyeri akan terasa dalam jangka panjang bahkan dapat menyebabkan keretakan pada tulang kaki.

Skiatika

Skiatika merupakan kondisi saat saraf siatik terjepit dan menyebabkan rasa nyeri hingga mati rasa pada kaki bagian bawah. Hal ini disebabkan karena penggunaan sepatu hak tinggi membuat bertambahnya beban pada jari-jari kaki karena tubuh akan condong ke depan saat berdiri dan berjalan. Akibatnya, terjadi tekanan berlebihan pada lutut, pinggul, dan punggung bagian bawah dan menyebabkan terjadinya skiatik. Bila terjadi gejala lain, seperti kesulitan mengendalikan berkemih atau BAB dan kelemahan pada kaki, maka sebaiknya ladies segera berobat ke dokter untuk mencegah komplikasi berlanjut.

Plantar fasciitis

Plantar fasciitis adalah peradangan dan nyeri pada plantar fascia (jaringan tebal di bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit ke jari kaki). Penyakit ini disebabkan karena penggunaan highheels dalam waktu lama yang membuat terjadinya pemendekan tendon Achilles yang seharusnya dapat bergerak fleksibel.

Bengkoknya jari kaki

Kelainan bentuk kaki seperti Hammer toes (kondisi dimana tiga jari kaki tengah menjadi bengkok) dan Bunion (benjolan tulang pada sendi di pangkal jempol kaki) dapat terjadi karena tekanan yang terus-menerus pada telapak kaki bagian depan akibat penggunaan high heels, terutama yang berujung lancip atau yang ukurannya terlalu kecil.

Fraktur halus

bone fractur
https://www.pexels.com

Sepatu dengan hak yang sangat tinggi tak hanya menekan tulang telapak dan jari-jari kaki namun dapat menekan juga saraf-saraf di sekelilingnya. Tekanan secara terus-menerus pada tulang-tulang ini dapat berisiko memicu keretakan atau fraktur halus.

Pergelangan kaki keseleo

Stiletto atau sepatu dengan hak tinggi dan lancip merupakan sepatu yang paling berisiko menyebabkan cedera. Berat tubuh yang bertumpu hanya pada dua ujung lancip tersebut membuat kamu berisiko tinggi untuk jatuh dan mengalami keseleo, terutama pada permukaan lantai atau jalan yang licin.

Sakit punggung bagian bawah

Mengenakan sepatu hak tinggi dapat mengubah bentuk tulang belakang dan menyebabkan sakit punggung bagian bawah karena otot punggung yang meregang atau saraf yang terjepit.

Sobat Sehat, demikian risiko penggunaan high heels yang dapat terjadi. Jangan sampai keinginan tampil sempurna di Hari Raya membuat kamu berisiko cedera pada kaki. Bila perlu lakukan peregangan kaki sebelum menggunakan high heels untuk melemaskan otot betis hingga jari-jari kaki.

Sumber : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *