Share this:

7 Resolusi Kesehatan Paling Esensial, Catat dan Mulai dari Sekarang!

resolusi kesehatan
www.fitnessmash.com

Memulai resolusi kesehatan, tidak perlu menunggu tahun baru. Lantas, apa saja hal-hal esensial yang wajib masuk dalam daftar? Artikel ini bisa Anda jadikan acuan!

Apakah Anda sudah menentukan sederet resolusi untuk karir, keuangan, karya, hingga asmara? Belum lengkap rasanya, apabila Anda belum membuat resolusi kesehatan. Karena, tubuh yang sehat, merupakan modal utama Anda dalam mencapai resolusi-resolusi lainnya.

Anda tidak perlu terlalu idealis dengan merangkai rencana workout dan jadwal yang sempurna. Resolusi kesehatan yang sulit digapai, hanya akan menjadi beban pikiran, sekaligus mengganggu konsistensi Anda saat pelaksanaan. Sebaiknya, buatlah daftar yang realistis, namun mencakup hal-hal esensial yang dapat menjadi kebiasaan harian.

Apa saja? Simaklah daftar berikut ini!

1. Resolusi kesehatan, diet sehat, enak, dan mengenyangkan

Mengatur pola makan merupakan komponen utama yang harus ada dalam sebuah resolusi kesehatan. Karena, kita sepakat bahwa, “you are what you eat”. Kondisi tubuh berkaitan erat dengan berbagai bahan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Kabar baiknya, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menelan hidangan yang tidak Anda sukai.

https://emsig-global.com

Terdapat banyak pilihan makanan sehat yang bisa Anda eksplorasi dan menjadi resolusi. Contohnya, salad buah dan sayuran. Menu makanan super sehat ini, jelas andalan untuk jadi santapan harian. Perpaduan warna, kesegaran, kandungan gizi, tekstur, dan cita rasa yang variatif, membuat salad buah dan sayur jadi pilihan yang menyenangkan. Untuk kesehatan yang maksimal, dianjurkan untuk mengurangi dressing serta garnis yang berlemak, seperti krim, keju, dan mayones. Anda bisa menggantinya dengan topping kismis dan almond kering.

Buah dan sayur yang digunakan dalam salad, bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Kandungan serat dan nutrisi yang tinggi, berkontribusi besar dalam meningkatkan imunitas dan kesehatan sel-sel di dalam tubuh. Ketika mengonsumsi salad buah dan sayuran, Anda juga akan memperoleh asupan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari dampak radikal bebas.

Dan, satu yang paling utama bagi kesehatan Anda adalah kecukupan cairan tubuh. Perbanyaklah minum air putih, minimal 2L setiap hari. Kebiasaan minum air putih akan membuat Anda lebih segar, bugar, dan sirkulasi darah menjadi lancar.

2. Resolusi kesehatan, olahraga ringan dan menyenangkan

Bagi Anda yang sudah biasa berolahraga, membuat target harian bisa jadi akan membuat Anda semakin bersemangat. Namun, bagi Anda yang baru akan memasukkan olahraga sebagai resolusi kesehatan, maka Anda perlu membiasakan diri terlebih dahulu dengan aktivitas yang ringan dan menyenangkan. Anda bisa mencoba untuk bermain dengan anak-anak, bersepeda, atau berjalan santai bersama keluarga.

Untuk olahraga yang seru dan kekinian, Anda bisa mencoba zumba, pilates, atau yoga. Ketiga teknik olah tubuh tersebut, saat ini banyak digandrungi oleh kaum hawa, karena efektif dalam membakar kalori serta pembentukan tubuh. Selain itu, musik yang gembira pada zumba, dan suasana tentram saat pilates dan yoga, dapat membuat Anda jadi lebih bahagia.

3. Resolusi kesehatan, tidur berkualitas

Tubuh manusia tidak dianjurkan untuk melawan irama sirkadian atau pergantian siang dan malam. Jam biologis telah terbentuk untuk memperbanyak aktivitas di siang hari, dan tidur dengan nyenyak di malam hari. Masukkanlah dalam resolusi kesehatan, tidur lebih awal dan bangun dini hari jika diperlukan. Jangan dibalik. Tidur larut malam dan bangun terlambat, dapat mengganggu gelombang otak, ketidakseimbangan hormon, serta gangguan metabolisme tubuh Anda.

Hiruplah udara segar saat matahari hendak terbit, dan lakukan aktivitas ringan, serta menenangkan di sore hari. Hindari tidur di dua waktu tersebut, agar tidur malam Anda lebih berkualitas. Untuk menghindari gangguan tidur di malam hari, sebaiknya jauhkan gadget dari gapaian Anda. Cahaya yang dipancarkan oleh layar gadget, dapat membuat Anda terkena insomnia.

4. Resolusi kesehatan, menjalin silaturahim

Manusia merupakan makhluk sosial yang memiliki kebutuhan dasar berupa jalinan hubungan dan interaksi dengan manusia lain, atau alam sekitarnya. Kebutuhan tersebut sedikit atau banyak, berpengaruh terhadap kondisi kesehatan. Karena, dalam menjalin silaturahim, Anda akan melibatkan aktivitas fisik, pikiran, dan perasaan. Hubungan yang baik, akan berdampak baik. Begitu pula sebaliknya

Menjalin hubungan yang berkualitas, akan menghindarkan Anda dari kondisi psikosomatik, atau penyakit yang timbul karena pengaruh beban pikiran. Sebagai resolusi dalam kesehatan hubungan dan membangun hubungan yang sehat, tentukan jenis kegiatan yang akan Anda lakukan. Bisa berupa lari dan bersepeda bersama teman-teman, makan sehat bersama sahabat, atau menghabiskan waktu bersama keluarga tanpa distraksi dari berbagai notifikasi gawai.

Ya, gaya hidup sehat sebaiknya harus menular dan ditularkan.

5. Resolusi kesehatan, peduli gula dan MSG

Membatasi asupan gula dan karbohidrat diperlukan untuk mengendalikan kadar gula atau glukosa di dalam darah. Tingginya kadar gula darah dapat menjadi faktor risiko diabetes tipe 2. Menurut saran dari WHO, jumlah konsumsi gula yang masih tergolong aman bagi kesehatan, maksimal 50 gram, atau setara 4 sendok makan per hari. Tentu saja, ini bukan kabar baik bagi para penikmat teh dan kopi yang suka menambahkan pemanis.

Selain gula, Anda juga perlu memikirkan kadar sodium atau garam pada makananjn Anda sebagai resolusi kesehatan. Kendati berperan dalam mengendalikan kerja otot, meaga keseimbangan cairan sel, dan mendukung rangsangan saraf, asupan sodium tetap harus dibatasi. Konsumsi sodium yang terlalu banyak, bisa menjadi faktor risiko hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Jumlah asupan sodium yang baik untuk orang dewasa maksimal 2,4 gram per hari atau setara satu sendok teh (6 gram) garam per hari.

Namun, Anda tenang saja. Membatasi, tidak berarti menghindari. Anda hanya perlu lebih peka dan peduli mengenai kadar gula dan sodium dalam makanan yang Anda konsumsi. Terutama pada mie instan, cemian, kue-kue dessert, minuman kemasan, dan minuman berkarbonasi.

6. Manajemen pikiran dan perasaan

Resolusi kesehatan pikiran dan perasaan memiliki peran penting pada kesehatan fisik. Maka, arahkan pikiran Anda agar selalu positif dan optimis. Segarkan jiwa Anda melalui ibadah atau perjalanan (traveling) agar dapat memiliki waktu untuk bersantai sejenak dari rutinitas harian. Namun, jangan lupa gunakan sun block atau sun screen saat beraktivitas di bawah terik matahari.

7. Resolusi kesehatan, waspada terhadap bahaya

Telusuri segala riwayat penyakit atau kondisi tertentu yang pernah terjadi dalam silsilah keluarga Anda. Cermati pula faktor risiko di tempat Anda bekerja atau beraktivitas sehari-sehari. Ketahuilah bahaya-bahaya yang mengintai, agar Anda senantiasa bersemangat untuk menjalankan resolusi hidup sehat.

Poin ini juga bisa Anda lakukan sebagai langkah pertama saat membuat resolusi. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah menentukan target-target yang paling sesuai kebutuhan Anda. Melalui penelusuran dan pemahaman terhadap faktor risiko, Anda juga bisa memutuskan dengan efisien tindakan preventif yang paling tepat, meliputi vaksinasi, konsumsi fitokimia (buah dan sayur), dan peningkatan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi suplemen makanan yang bisa Anda dapatkan secara online di apotek K24Klik.

***

Tujuh poin esensial dalam resolusi kesehatan, yang telah disebutkan di atas, hanya akan berarti jika Anda memiliki tekad yang kuat, serta memilih atas dasar pengetahuan dan kesadaran. Karena, sempurnanya sebuah resolusi hanya dapat dipenuhi oleh satu cara, yaitu: pelaksanaan.

Bagaimana? Siap menerima tantangan?

Bagikan & sehatkan dunia : <br/>Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+
Pin on Pinterest
Pinterest
Email this to someone
email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*