Share this:

Popok Dewasa pada Lansia yang Dianjurkan

Tak hanya tersedia untuk bayi, saat ini telah banyak merk popok yang memproduksi popok untuk dewasa atau lansia. Penggunaan popok pada lansia terbilang penting karena ruang gerak yang semakin terbatas serta beberapa penyakit tertentu. Ingin tahu lebih banyak mengenai alasan penggunaan popok dewasa hingga tips penggunaan popok dewasa yang aman? Yuk, baca artikel ini hingga usai!

Sebab Penggunaan Popok Dewasa pada Lansia

Secara umum, frekuensi buang air kecil sebanyak 4-10 kali dalam sehari. Namun, pada beberapa kondisi berikut menjadikan buang air kecil menjadi lebih sering:

Inkontinensia Urine

Inkontinensia urine merupakan hilangnya kontrol terhadap proses berkemih. Hal ini dapat terjadi karena seiring bertambahnya usia, kekuatan otot di sekitar kandung kemih dan saluran kencing mulai menurun. Akibatnya kemampuan untuk menahan pelepasan urine akan berkurang. Kondisi ini biasanya terjadi pada lansia, tetapi dapat pula terjadi pada siapa saja. Kamu sangat disarankan untuk menggunakan popok dewasa dalam kondisi ini.

Pembesaran prostat (Benign Prostatic Hyperlasia/BPH)

Bertambanya usia menyebabkan perubahan pada organ-organ tubuh manusia. Pada laki-laki, yang sering terjadi adalah pembesaran prostat atau BPH. Penyakit ini dapat membuat seseorang buang air kecil tanpa sadar.

Kerusakan Otak Pasca Stroke

popok dewasa pada lansia
https://www.pexels.com

Penderita stroke umumnya akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Pasca stroke, otot pengendali kandung kemih menjadi melemah. Selain itu, syaraf yang mengirim dan menerima pesan dari otak terkait keinginan untuk BAK maupun BAB mengalami gangguan. Hal ini menyebabkan proses pelepasan urine dan tinja tidak terkontrol. Keadaan ini membuat penderita stroke perlu menggunakan popok dewasa.

Selain beberapa kondisi di atas, ada pula kondisi lain yang dapat terbantu dengan penggunaan popok dewasa, seperti pada pemulihan pasca operasi, bed rest, atau demensia pada lansia.

Popok Dewasa pada Lansia, Begini Tips Penggunaan yang Tepat

Popok dewasa membantu lansia untuk memperoleh kualitas tidur yang baik serta menjalani aktivitas dengan normal. Berikut tips penggunaan popok dewasa yang disarankan:

  • Gunakan popok dewasa dengan bahan dan daya serap yang baik untuk menghindari kebocoran. Pilih juga popok berbahan lembut untuk mengindari iritasi kulit dan nyaman digunakan.
  • Mengganti popok dewasa secara teratur setelah BAK atau BAB. Hal ini untuk memberikan rasa nyaman serta mencegah timbulnya aroma tidak sedap dari urine maupun tinja. Selain itu, agar tidak terjadi iritasi pada kulit yang tertutup popok.
  • Menggunakan pakaian yang nyaman ketika menggunakan popok dewasa. Gunakan pakaian yang berwarna gelap, agar pemakaian popok dewasa tidak mengganggu penampilan.
  • Pakai losion pelembab untuk menjaga kelembapan kulit di area selangkangan dan bokong. Selain itu, untuk mencegah iritasi maupun masalah kulit lainya akibar terpapar urine dan tinja.

Demikian beberapa penyakit yang dianjurkan menggunakan popok dewasa serta tips aman penggunaan popok dewasa pada lansia. Saat ini popok dewasa tersedia dan dapat dipesan di Apotek Online K24Klik.com. Kamu cukup download aplikasi K24Klik kemudian pesan popok dewasa yang dibutuhkan. Tim kami akan memproses pesanan dan mengantar pesanan ke alamat tujuan.

Sumber : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *