Share this:

Mengenali Jenis Pembalut Kain dan Sekali Pakai serta Cara Penggunaannya

Pembalut kain vs Pembalut sekali pakai
https://www.pexels.com/

Pembalut kain atau sekali pakai termasuk komponen penting ketika mulai mengenal proses menstruasi. Menstruasi merupakan salah satu indikator bagi remaja putri ketika sedang memasuki fase pubertas. Salah satu ciri menstruasi adalah ditandai dengan keluarnya darah melalui alat reproduksi. Bagi remaja putri yang baru pertama kali mengalami menstruasi, kebutuhan informasi tentang kebersihan reproduksi dan pemilihan pembalut sangat penting.

Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) telah menjadi isu penting pada remaja putri dan perempuan dewasa di Indonesia. Salah satunya adalah memilih jenis pembalut yang sesuai agar tetap bersih dan selalu merasa nyaman ketika menjalani masa menstruasi. Untuk para ibu muda juga jangan merasa khawatir! Karena informasi ini juga penting sebagai bahan edukasi awal untuk remaja putri Anda di rumah.

Secara umum, pembalut dibedakan menjadi dua yaitu pembalut kain dan pembalut sekali pakai. Lalu, apa sih perbedaan antara keduanya? Dan bagaimana cara penggunaan yang benar? Mari kita simak ulasannya di bawah ini :

1. Pembalut Kain, Mudah Dicuci dan Ramah Lingkungan

Jenis pembalut ini memiliki sifat lebih ramah terhadap lingkungan. Karena penggunaannya dapat digunakan hingga 2-3 kali pemakaian dan mudah dicuci. Tapi jangan lupa untuk mencuci hingga bersih agar tidak menimbulkan pertumbuhan bakteri dari sisa darah yang masih menempel.

Cara Penggunaannya :

Ilustrasi pembuatan pembalut kain dari http://menstrualhygieneday.org)
  1. Ambil sepotong kain agak tebal atau selembar handuk kecil dan bersih.
  2. Lipat menjadi 2 (dua) bagian.
  3. Lipat kembali menjadi empat bagian hingga membentuk persegi panjang.
  4. Letakkan pada bagian tengah celana dalam.

Cara mencuci ulang pembalut kain setelah penggunaan :

  1. Cuci pembalut dengan sabun dan air kemudian bilas hingga bersih. Dipastikan benar-benar bersih ya dan tidak ada sisa darah yang menempel.
  2. Jemur di bawah sinar matahari langsung dan simpan kain di tempat yang bersih dan kering.
  3. Apabila penggunaan cuci dan pakai sudah berkali-kali, bungkus pembalut kain dengan plastik kemudian buang ke tempat sampah.
  4. Jika kamu merasa tidak nyaman membuang/mencuci pembalut kain di tempat umum, bungkus dengan rapi di dalam tas untuk dicuci atau dibuang di rumah.

Perlu Diingat!! : Mencuci pembalut kain dengan air panas akan mengurangi daya serapnya. Sehingga selalu dipastikan suhu air tidak terlalu panas dan dicuci bersih yaa

2. Pembalut Sekali Pakai, Jenis Pembalut yang Praktis dan Mudah Ditemukan

Jenis pembalut ini sangat praktis digunakan dan mudah ditemukan di tempat perbelanjaan terdekat (warung, toko, atau supermarket). Tetapi sifat pembalut ini sulit terurai dengan tanah jadi pastikan untuk membuangnya langsung pada tempat sampah.

Cara Penggunaannya :

Ilustrasi penggunaan pembalut sekali pakai dari http://menstrualhygieneday.org
  1. Buka perekat pembalut hingga terbuka seperti pada gambar nomor 1.
  2. Tempelkan sisi pembalut yang ada perekatnya di bagian tengah celana dalam.
  3. Posisikan letak pembalut agar pas supaya tidak bocor dan tetap nyaman ketika memakainya.

Cara membuang pembalut sekali pakai yang sudah penuh :

  1. Lipat atau gulung pembalut bekas pakai
  2. Bungkus lagi dengan rapi menggunakan kertas koran, kertas bekas atau plastik.
  3. Dibuang ke tempat sampah

Perlu Diingat!! : Pembalut bekas sekali pakai tidak perlu dicuci yaa. Karena tidak higienis ketika tangan bersentuhan dengan darah menstruasi (darah kotor) dan perlu banyak air untuk mencucinya. Selain itu, tidak membuang pembalut pada lubang wc karena akan menyumbat saluran pembuangan air.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh selama menstruasi serta cuci tangan sebelum dan setelah pemakaian pembalut ya, Sobat Sehat!

Sobat Sehat juga perlu tahu lho, kalau pembalut sekali pakai ini tersedia di aplikasi K24klik. Tersedia berbagai macam pilihan pembalut yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan terjamin keasliannya. Ayo download aplikasinya sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *