Pengobatan Lupus dengan Obat-Obatan dan Gaya Hidup Sehat

Published by Dewi Dwiputri on

Pengobatan Lupus, Penyakit Autoimun yang Berbahaya

pengobatan lupus

https://www.e-zlab.ca/

Lupus merupakan penyakit autoimun yang sangat berbahaya. Penyakit ini dapat menyerang organ-organ vital lain yang mengakibatkan komplikasi. Hingga ini, pengobatan lupus masih belum ditemukan. Kendati demikian, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi level keparahan gejala dan mencegah kerusakan organ tubuh yang berdampak pada kehidupan penderita.

Dalam kondisi yang normal, sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang akan melindungi tubuh dari infeksi yang berasal dari virus maupun bakteri. Namun, penderita lupus justru mengalami hal sebaliknya. Sistem imun yang diproduksi justru akan berbalik menyerang sel, jaringan, hingga organ tubuhnya sendiri dan menyebabkan inflamasi (peradangan) kronis.

Wanita lebih berisiko terkena penyakit ini dibandingkan laki-laki dengan rasio 9:1. Faktor penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti. Gejala yang dialami oleh penderita pun berubah-ubah sesuai dengan organ yang diserang, sehingga perlu dilakukan diagnosis yang akurat untuk mengidentifikasinya.

Hingga kini, pengobatan lupus masih belum ditemukan. Walau begitu, beberapa metode dapat dilakukan untuk meminimalkan fase aktif (flare) penyakit dan mengurangi dampak lain pada penderita seperti berikut.

Meminimalisasi Terkena Paparan Sinar Matahari

pengobatan lupus

https://www.everydayhealth.com

Kandungan ultraviolet pada radiasi matahari dapat memicu aktifnya SLE. Karena itu, penderita lupus perlu meminimalisasi terkena paparan sinar matahari secara langsung. Saat keluar rumah, selain mengenakan pakaian yang menutupi seluruh bagian kulit, penderita juga disarankan menggunakan kaca mata hitam, topi, serta tabir surya dengan SPF 55.

Pengobatan Lupus, Gaya Hidup Sehat

Menjaga pola hidup sehat adalah treatment yang tidak dapat ditoleransi lagi oleh penderita lupus. Penderita tidak merokok maupun mengonsumsi alkohol. Selain itu, diet yang sehat serta olahraga secara rutin juga perlu dilakukan.

Mengonsumsi Obat-Obatan

Hal lain yang juga menjadi bagian dari pengobatan lupus adalah mengonsumsi obat-obatan. Jenis obat dan dosis yang diberikan kepada satu penderita tidak sama dengan penderita lain. Dokter akan menyarankan sesuai gejala yang dialami masing-masing penderita.

Secara umum, berikut adalah jenis obat-obatan yang mungkin dibutuhkan oleh penderita lupus.

Antimalaria (Hydroxychloroquine)

Tidak hanya untuk mengatasi penyakit malaria, obat ini juga efektif dalam menanganii nyeri pada sendi dan otot, ruam pada kulit, serta kelelahan yang menjadi gejala utama penyakit lupus. Dokter biasanya menganjurkan konsumsi obat ini untuk jangka panjang untuk mencegah serangan gejala yang parah, fase aktif penyakit, dan komplikasi yang lebih serius.

Imunosupresan dan Kortikosteroid

Beberapa jenis obat ini adalah azathioprine, cyclophosphamide, dan mycophenolate moefil. Obat ini menekan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menghambat kerusakan pada bagian-bagian tubuh lainnya yang sehat.

Imunisupresan juga dapat diberikan bersamaan dengan kortikosteroid yang digunakan untuk melawan peradangan lupus. Untuk pemakaian keduanya, biasanya dosis kortikosteroid dapat diturunkan.

Beberapa jenis obat lain juga mungkin dibutuhkan untuk penderita lupus yang mengalami gejala dengan tingkat keparahan tertentu. Selain rutin mengonsumsi obat dan melakukan home remedial seperti yang disebutkan sebelumnya, penderita lupus juga harus melakukan kontrol ke dokter secara rutin. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *