Share this:

Penggunaan Masker saat Hujan Abu Vulkanik

penggunaan masker
https://www.mommynearest.com

Pagi ini, warga Yogyakarta dikejutkan dengan adanya asap tebal yang keluar dari mulut Gunung Merapi. Saat meletus, gunung berapi ini melontarkan abu vulkanik, pasir dan material piroklatik. Letusan ini merupakan letusan freatik yang terjadi akibat dorongan tekanan uap air yang terjadi akibat kontak massa air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi. Jenis letusan ini tidak berbahaya dan dapat terjadi kapan saja pada gunung api aktif. Biasanya letusan hanya berlangsung sesaat. Meski demikian, abu vulkanik yang turun perlu diwaspadai. Warga pun dianjurkan untuk mengungsi sejauh 3-5 km dari kawah Gunung Merapi. Warga juga dihimbau untuk mengenakan masker demi menghindari risiko terkena penyakit berbahaya akibat hujan abu tersebut.

Beberapa jenis masker yang dijual di pasaran seperti masker yang terbuat dari kertas atau kain dinilai tidak cukup efektif. Mengapa? Karena partikel abu vulkanik dalam ukuran kecil masih bisa menembus masker dan masuk ke saluran pernapasan. Menurut seorang pakar dari University of Alabama, Birmingham, menggunakan masker yang tidak pas menutup wajah atau longgar, tidak cukup memberikan perlindungan kepada tubuh.

Penggunaan Masker yang Efektif saat Hujan Abu Vulkanik

penggunaan masker
http://hindi.khoobsurati.com/

Masker yang dibuat khusus untuk melindungi pernapasan adalah Masker N95 Respirator. Masker ini berbeda dengan masker wajah biasa.  Jenis masker N95 dirancang secara pas menutupi wajah dan dilengkapi dengan alat yang sangat efisien untuk menyaring partikel berbahaya di udara, bahkan partikel dengan ukuran kecil sekalipun seperti abu vulkanik.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan N95 Respirator agar masker ini dapat bekerja dengan efektif dalam melindungi kesehatan:

1. N95 tidak dirancang untuk anak-anak atau Sobat Sehat yang memiliki rambut pada wajah karena N95 tidak mampu menutupi wajah secara sempurna, sehingga partikel kecil abu vulkanik dapat masuk melalui celah masker.

2. Orang-orang yang memiliki masalah pernapasan kronis, jantung, atau kondisi medis lainnya yang membuat mereka sulit bernapas harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter mengenai penggunaan masker N95.

3. Hindari penggunaan N95 bergantian dengan orang lain, untuk menghindari penularan penyakit lainnya.

4. Jika N95 sudah rusak, kotor, atau membuat Sobat Sehat sulit bernapas, segera ganti dengan yang baru.

Sobat sehat, jangan lupa untuk melakukan tindakan preventif. Gunakan pakaian lengan panjang dan kacamata agar terhindar dari dampak iritasi akibat partikel abu vulkanik ketika keluar rumah. Dan beli masker sekarang untuk melindungi keluarga Anda dari paparan abu vulkanik secara online di Apotek Online K24Klik.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *