Tips Mengonsumsi Obat Herbal agar Hasil Lebih Optimal

Published by Dewi Dwiputri on

Sekilas Tentang Obat-obatan Herbal

obat-obatan herbal

http://www.acumassagewellness.com/

Obat-obatan herbal, masih digandrungi oleh banyak orang di Indonesia. Namun, benarkah obat herbal aman untuk dikonsumsi? Apakah ada efek sampingnya? Yuk, cari tahu dalam artikel berikut ini!

Sebagai negara tropis yang dilintasi oleh garis khatulistiwa, keanekaragaman hayati merupakan salah satu kekuatan yang dimiliki oleh Indonesia. Bangsa kita dianugerahi oleh beragam jenis flora dan fauna, sebagai sumber daya yang siap untuk dikelola. Bisa jadi, kondisi alam yang menguntungkan itulah, lantas menjadi faktor dan latar belakang yang mendukung berkembangnya produksi obat herbal di Indonesia.

Apa yang Dimaksud dengan Obat-obatan Herbal?

Pengertian mengenai obat-obatan herbal yang populer di masyarakat, yaitu obat yang dibuat dengan bahan utama berupa tanaman atau mengandung bahan campuran dari ekstrak tanaman, yang digunakan untuk menjaga kesehatan dan pengobatan. Obat-obatan herbal dapat diolah dari daun, buah, bunga, biji, akar, bahkan batang tanaman. Bahan-bahan alami ini lantas melalui proses produksi, hingga dihasilkan produk berupa minyak, kapsul, tablet, salep, minuman, atau serbuk untuk diseduh.

Selama ini, obat herbal telah dikonsumsi masyarakat Indonesia secara turun-menurun, dengan berbagai cara pengolahan, mulai dari yang sederhana hingga modern. Karena menggunakan bahan-bahan dari alam, banyak orang mengira obat herbal tidak memiliki efek samping, benarkah demikian?

Manfaat dan Efektivitas Obat-obatan Herbal

Berdasarkan penelitian di dunia medis, obat herbal memiliki kandungan, pengaruh, dan cara kerja obat yang kompleks. Namun, setidaknya hampir semua tanaman obat a.k.a herba memiliki kandungan antioksidan. Efek antioksidan dalam obat herbal berperan baik dalam mendukung proses pengobatan untuk beragam kondisi, seperti kanker, diabetes, Alzheimer, dementia, dan beberapa penyakit kardiovaskular.

Beberapa jenis obat herbal yang sering digunakan oleh masyarakat, antara lain:

obat-obatan herbal

https://www.oxfordvitality.co.uk

  • Ginseng, terutama ginseng Amerika dan ginseng Korea.
  • Ginko biloba, yang populer untuk mengatasi gangguan daya ingat akibat faktor usia.
  • Spirulina, yang biasa diolah sebagai sumber nutrisi, menjadi bahan utama atau campuran dalam suplemen makanan, susu, minuman serbuk, sari buah, bahkan kosmetik.
  • Propolis, yaitu senyawa yang dihasilkan lebah dan disinyalir dapat melawan infeksi virus, jamur, dan bakteri.
  • Lidah buaya, yang dipercaya sebagai obat penyakit kulit, bahan dasar kosmetik, serta mengatasi konstipasi.
  • dan beragam bahan alami lainnya.

Meski berasal dari bahan alami, bukan berarti obat herbal tidak memiliki efek samping. Berbagai penelitian ilmiah menyatakan, bahwa efektivitas dan manfaat obat herbal belum bisa dibuktikan secara kuat dengan hasil yang konsisten. Kendati sebagian orang mengaku bahwa mereka merasa lebih sehat setelah mengonsumsi obat herbal, namun ada pula laporan kasus keracunan setelah mengonsumsi obat herbal yang serupa.

Lantas, bagaimana cara aman untuk mengonsumsi obat herbal agar bisa memperoleh manfaat yang optimal?

Tips Aman Mengonsumsi Obat-obatan Herbal

https://www.aquazania.co.za

Untuk mengantisipasi dan menghindari terjadinya efek samping ringan atau serius dari obat herbal, sebaiknya Anda menerapkan tips-tips berikut ini:

  • Memastikan bahwa produk obat herbal yang Anda pilih, telah terdaftar atau tersertifikasi oleh BPOM RI.
  • Memeriksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan.
  • Membaca dan mengikuti petunjuk pemakaian, termasuk pula dosis yang aman konsumsi.
  • Menghubungi layanan konsumen apabila membutuhkan informasi tambahan.

Ada baiknya, konsultasikan dengan dokter sebelum memilih jenis obat herbal, untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kesehatan Anda. Karena, pada beberapa kondisi, konsumsi obat herbal bisa menjadi bahaya, antara lain:

  • Ibu hamil dan/atau menyusui, menjadi masa yang paling riskan karena terdapat dua nyawa yang harus diselamatkan. Maka, pastikan untuk berhati-hati dan telah mendapat persetujuan dari dokter untuk memilih dan mengonsumsi obat herbal yang aman bagi kondisi ibu dan bayi.
  • Menjelang operasi, wajib menghindari beberapa obat herbal dalam jangka waktu tertentu, terutama yang bisa memperlambat proses pembekuan darah, seperti ginkgo biloba.
  • Konsumsi obat khusus, bisa memberi efek samping yang cukup serius jika dibarengi dengan obat herbal. Misalnya, penurun tekanan darah, obat diabetes, atau pengencer darah.
  • Pengidap penyakit tertentu, bisa semakin parah saat menggunakan beberapa obat herbal. Misalnya, tanaman sambiloto yang dipercaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, namun dapat berbahaya apabila dikonsumsi oleh pengidap autoimun

Jadi, apabila Anda ingin menggunakan obat-obatan herbal untuk menjaga kesehatan dan mengatasi suatu penyakit, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui cara kerja, khasiat, dan apakah ada kontradiksi dari obat herbal tersebut.

Dan, jika dokter yang menangani Anda telah setuju, Anda bisa mencoba berbagai produk obat herbal yang dijual di apotek, seperti Ace Max, Xantonin dan Albusmin. Untuk mendapatkan produk yang asli, Anda bisa mendapatkannya melalui apotek terpercaya seperti apotek online K24Klik.

Demi kesehatan, sebaiknya Anda cari aman dan ikuti cara aman saja, ya!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *