Share this:

Penyakit diabetes, atau yang dikenal sebagai penyakit silent killer, menjadi salah satu penyakit kronis yang mengancam nyawa manusia. Mengapa disebut silent killer? Karena, penyakit ini tidak langsung membunuh secara cepat seperti penyakit kanker, namun merusak tubuh secara perlahan. Kerusakan organ tubuh inilah yang kemudian akan membunuh manusia secara perlahan.

makanan-manis

Seperti yang kita tahu, penyakit diabetes muncul karena kelebihan kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, untuk mengatasi penyakit kronis yang satu ini, kita perlu mengurangi makanan yang tinggi zat gula, serta mengatur pola makan.

Mengatur pola makan bukan hanya tentang porsinya saja, namun juga berkaitan dengan jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain mengurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, konsumsi makanan yang mengandung biotin dan kromium ternyata juga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Biotin merupakan vitamin B yang larut dalam air, atau disebut juga sebagai vitamin H. Apa saja makanan yang mengandung biotin? Kandungan biotin dapat ditemukan dalam cokelat, wortel, stroberi, sayuran hijau, dan gandum. Selain berfungsi dalam proses glukoneogenesis dalam pembentukan glukosa, biotin dapat membantu metabolisme protein, asam lemak, leusin, dan karbohidrat yang nantinya akan diubah menjadi energi.

Sedangkan kandungan kromium, dapat Anda temukan dalam makanan seperti, brokoli, kacang polong, kentang, apel, dan daging sapi. Kromium merupakan zat alami yang berperan dalam menjaga fungsi normal hormon insulin dalam proses metabolisme.

Kromium memang bermanfaat bagi kesehatan penderita diabetes. Namun, kadar kromium harian yang dikonsumsi sebaiknya tidak melebihi 200mcg perhari. Karena kelebihan kromium di dalam tubuh dapat menyebabkan sulit BAK (buang air kecil), mimisan, dan insomnia.

Dengan mengatur pola makan yang baik, serta memperhatikan asupan nutrisinya, akan membantu meningkatkan kualitas hidup penderita penyakit diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *