Share this:

Nutrisi Ibu Hamil yang Membuat Kandungan Kuat dan Sehat

nutrisi ibu hamil
https://diariocorreo.pe

Setiap perempuan yang sedang hamil pasti ingin janin yang dikandungnya selalu sehat sampai masa melahirkan tiba. Inilah mengapa, sejak awal kehamilan, calon Ibu pasti sangat memperhatikan makanan untuk janin dan dirinya sendiri. Sayur dan buah-buahan merupakan asupan wajib Ibu hamil yang sering disarankan dokter atau bidan.

Meskipun begitu, sebagai calon Ibu yang cerdas kita tetap harus teliti dalam memilih makanan dan minuman yang tepat. Karena ternyata tidak semua makanan baik bagi kesehatan. Sebagai referensi, berikut merupakan beberapa asupan nutrisi yang baik untuk Ibu hamil. Di antaranya.

1. Telur

Bahan makanan ini merupakan salah satu nutrisi Ibu hamil yang sering direkomendasikan dokter kandungan atau bidan. Di dalam telur terdapat kandungan omega 3 dan protein yang dapat menguatkan rahim dan janin. Hampir semua jenis telur cocok untuk dikonsumsi Ibu hamil. Salah satu jenis telur yang paling kaya protein adalah telur bebek. Untuk manfaat yang maksimal, Sobat Sehat bisa merebus telur sampai matang dan mengonsumsinya sebanyak 3 kali sehari.

2. Kacang kedelai

Sama seperti telur, kacang kedelai merupakan salah satu nutrisi ibu hamil yang bermanfaat untuk menguatkan kandungan. Bagi yang tidak terlalu menyukai telur atau susu sapi, konsumsi susu kedelai bisa menjadi alternatif agar asupan protein bagi janin tetap maksimal. Selain menguatkan, kandungan isoflavon dalam kedelai juga mampu mencegah penyakit kanker, jantung, dan mengurangi risiko pengeroposan tulang secara efektif.

3. Nutrisi Ibu Hamil, Yogurt

nutrisi ibu hamil
https://www.theloop.ca

Salah satu pantangan ibu hamil adalah konsumsi keju. Karena di dalam makanan tersebut terdapat bakteri yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin. Nah, bagi Ibu hamil penggemar keju yang ingin tetap mengonsumsi olahan susu, yogurt bisa jadi alternatif yang tepat.

Karena pada yogurt terdapat kandungan kalsium dan protein yang dapat mengoptimalkan perkembangan janin. Selain membuat rahim lebih kuat, Ibu hamil juga bisa terhindar dari risiko sembelit ataupun pengeroposan tulang.

4. Ikan tawar

Ikan merupakan asupan terbaik untuk Ibu hamil. Tetapi jika tidak diolah dengan baik atau dimakan saat mentah, ikan bisa menjadi pantangan Ibu hamil yang membahayakan janin. Agar bisa merasakan manfaat ikan tawar secara maksimal, masaklah ikan secara matang agar kandungan protein dan omega 3 nya bisa bermanfaat bagi janin.

5. Brokoli

Pada brokoli terkandung folat, kalsium, vitamin C, dan zat besi yang dapat menguatkan kandungan, mencegah radikal bebas, dan meminimalisasi risiko anemia pada calon Ibu. Tidak heran jika makanan ini selalu direkomendasikan sebagai nutrisi Ibu hamil terbaik oleh dokter dan bidan.

Selain makanan, nutrisi juga bisa didapatkan dari suplemen atau vitamin. Untuk informasi tentang vitamin yang tepat bagi Ibu hamil, Anda bisa berkunjung ke situs K24Klik. Semoga informasi di atas bermanfaat, salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *