Share this:

Minum Obat Maag, Kapan Waktu Terbaik Mengkonsumsinya?

minum obat maag
https://www.freepik.com

Sering gak sih merasa bingung saat ingin mengkonsumsi obat maag? Sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi obat maag, sebelum atau sesudah makan?

Minum Obat Maag, Kapan Waktu yang Tepat?

Sobat Sehat, minum obat maag sebaiknya sebelum makan untuk obat maag jenis antasida, namun untuk obat maag jenis lainnya dapat disesuaikan dengan anjuran yang diberikan oleh dokter, ya! Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas satu persatu jenis obat maag serta waktu konsumsinya!

1. Antasida

Antasida merupakan obat maag yang umum digunakan oleh masyarakat serta dapat dibeli bebas tanpa resep dokter. Dapat digunakan untuk meredakan asam lambung yang meningkat dengan cara menetralkan asam lambung. Pemberian obat antasida yakni sebanyak 3x sehari dan bisa diberikan 1– 2 tablet. Konsumsi obat 30 menit – 1 jam sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong ya, Sobat Sehat.

2. H2 Blocker

H2 Blocker merupakan jenis obat penghambat reseptor H2 yang bermanfaat untuk menurunkan asam lambung yang berlebihan dalam tubuh. Tidak dijual bebas dan membutuhkan resep dari dokter. Jenis obat H2 Blocker seperti Ranitidine dan Cimetidin dapat dikonsumsi sebelum ataupun sesudah makan. Usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama tiap hari, ya!

3. PPI (Proton Pump Inhibitor)

obat maag
https://www.freepik.com

PPI (Proton Pump Inhibitor) merupakan jenis penghambat pompa proton yang bermanfaat untuk mengurangi produksi asam lambung, salah satunya dengan langkah pengobatan infeksi bakteri H. Pylori. Perlu diketahui juga, obat PPI ini lebih ampuh daripada obat H2RA. Jenis obat ini termasuk kedalam golongan obat keras yang tidak jual bebas dan membutuhkan resep dokter. Contoh obatnya adalah omeprazole, pantoprazole dan lansoprazole. Obat ini dapat dapat dikonsumsi sebelum makan atau sesudah makan.

4. Antibiotik

Antibiotik merupakan obat golongan keras yang digunakan untuk membunuh bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan sakit maag. Kamu dapat menggunakan antibiotik seperti klaritromisin, amoxicillin, atau metronidazole. Penggunaan antibiotik biasanya diminum selama 10 hingga 14 hari sesudah makan.

Tips Atasi Maag agar Tak Datang Kembali

Selain menggunakan obat kamu juga dapat mengikuti tips berikut agar maag tidak kambuh kembali.

  1. Perbaiki pola makan dengan makan sedikit tapi sering tiap 4 jam
  2. Hindari makanan berlemak, bersantan, asam atau pedas
  3. Mulai membiasakan banyak minum air putih minimal 2 L/hari
  4. Istirahat yang cukup
  5. Kelola stress dengan bijak
  6. Tenangkan pikiran dan nikmati waktu dengan orang terdekat dan kamu sayangi.

Nah Sobat Sehat, jadi sebelum minum obat maag cari tau lebih lanjut jenis obat maag apa yang kamu konsumsi agar kamu bisa menentukan kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsinya. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan apoteker kami melalui live chat apabila kamu mengalami kebingungan menentukan jenis serta waktu yang tepat mengkonsumsi obat maag.

 

Sumber : dari berbagai sumber.

Bagikan & sehatkan dunia : <br/>Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+
Pin on Pinterest
Pinterest
Email this to someone
email

2 thoughts on “Minum Obat Maag Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Makan? Ini Penjelasannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*