Share this:

Sebagian besar wanita, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah menopause. Tidak teraturnya siklus menstruasi pada tahun terakhir, menjadi salah satu gejala awal dari menopause. Setelah itu, satu tahun sejak menstruasi terakhir, akan muncul gejala lain seperti, insomnia (susah tidur), libido berkurang, hot flashes (rasa panas yang dimulai dari wajah dan menjalar keseluruh tubuh), vagina kering, mudah lelah, mood yang mudah berubah, dan penambahan berat badan.

Tanda-tanda Menopause

Umumnya, menopause dialami oleh wanita berusia lanjut, antara 40-55 tahun. Namun, belakangan ini gejala menopause juga dialami oleh usia muda, yang disebut menopause dini (gejala muncul pada usia 28 tahun).Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya menopause dini. Akan tetapi, seringnya hal tersebut terjadi karena faktor genetika, adanya penyakit tertentu, maupun karena operasi pengangkatan indung telur.

Menopause dini ini, menjadi salah satu hal yang ditakuti para wanita, terutama bagi kehidupan rumah tangga karena berkurangnya libido. Hal inilah yang membuat wanita yang mengalami menopause dini rentan stress.

Bagaimana Cara Mengatasi Menopause Dini?

Terapi hormon estrogen, disebut-sebut dapat membantu mengatasi menopause dini. Namun pemberian hormon tersebut sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Karena penggunaan hormon, tidak selalu dapat membantu setiap wanita yang mengalami menopause dini. Pada sebagian orang, justru pemberian hormon dapat memberi pengaruh buruk bagi hormonal mereka.

Dibandingkan dengan terapi hormon, penanganan secara alami lebih disarankan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen.

fitoestrogen

Fitoestrogen dapat ditemukan pada buah-buahan serta biji-bijian seperti strawberry, pepaya, bengkoang, teh hijau, kacang kedelai, gandum, wijen, dan biji bunga matahari. Selain fitoestrogen, buah-buahan dan biji-bijian tersebut juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mengatasi penuaan dini. Kurangi konsumsi makanan instan, olah raga teratur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman bersoda maupun beralkohol, dan istirahat yang cukup, juga sangat membantu mencegah menopause dini.

Pada kondisi dimana kebutuhan tubuh akan fitoestrogen belum terpenuhi, dapat dibantu dengan pemberian suplemen atau vitamin yang mengandung fitoestrogen. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai vitamin atau suplemen yang sebaiknya dikonsumsi, agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Menopause merupakan siklus yang pasti dilewati oleh setiap wanita. Namun, apabila terjadi pada usia muda memang meresahkan dan perlu diwaspadai. Oleh karenanya, terapkan pola hidup sehat sedini mungkin untuk mencegah menopause menghampiri Anda diusia muda.

menopause

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *