Tips Mengencangkan Payudara Setelah Hamil dan Menyusui

Published by Dewi Dwiputri on

Mengencangkan Payudara Setelah Hamil dan Menyusui, Ikuti Tips Berikut!

mengencangkan payudara

https://babyclub.asda.com

Perubahan ukuran dan bentuk payudara pasca melahirkan dan menyusui, sering kali menjadi masalah bagi para ibu. Daripada tergiur dengan cara instan yang berbahaya, berikut ini tips aman mengencangkan payudara secara alami yang bisa Anda terapkan!

Melahirkan dan menyusui buah hati menjadi salah satu momen paling berharga bagi seorang perempuan. Terlebih, aktivitas menyusui dapat memberi segudang manfaat bagi tumbuh kembang bayi. Kedekatan atau bonding ibu dan anak juga mulai dibangun dan terbentuk dalam masa-masa tersebut.

Namun, di balik kebahagiaan ibu selama pemberian ASI, tersirat sedikit kekhawatiran yang tersembunyi. Pasalnya, proses menyusui dapat mengubah bentuk dan ukuran payudara wanita. Biasanya, payudara akan tampak dan terasa lebih kendur, jika dibandingkan dengan saat hamil dan baru saja melahirkan.

Mengapa bentuk payudara berubah saat menyusui?

Bentuk dan kekencangan payudara, dipengaruhi oleh jaringan-jaringan lemak yang menjadi penyusunnya. Semakin penuh jaringan lemak, maka bentuk dan ukuran payudara pun semakin besar dan padat. Biasanya, payudara akan menjadi sangat kencang saat terjadi produksi ASI pasca melahirkan. Namun, selama menyusui, jaringan yang menopang payudara bisa mengalami perubahan..

Yang perlu diketahui, peregangan ligamen yang menopang payudara, terjadi dalam masa kehamilan. Maka bisa dikatakan, menyusui bukanlah penyebab utama yang membuat payudara lebih kendur. Dengan begitu, Anda tidak perlu ragu untuk menyusui bayi hanya karena kecemasan tentang ukuran dan kekencangan payudara.

Sementara itu, faktor lain yang dapat mengurangi kekencangan payudara, antara lain BMI (Body Mass Index), ukuran payudara sebelum kehamilan pertama, usia, hingga kebiasaan merokok. Bentuk dan ukuran payudara pun bisa berubah saat Anda mengalami lonjakan berat badan, atau sebaliknya, penurunan berat badan secara ekstrem.

Cara mengencangkan payudara selama menyusui

Bedasarkan penelitian, perubahan bentuk dan ukuran payudara tidak akan dipengaruhi oleh proses menyusui, melainkan karena faktor lain yang telah disebutkan sebelumnya. Kendati demikian, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk merawat agar payudara tetap kencang selama menyusui:

  • Mencapai berat badan ideal.

  • Menjaga pola makan dan hidup sehat.

  • Rajin beraktivitas fisik.

  • Menggunakan ukuran bra yang tepat.

  • Menghindari rokok, aktif maupun pasif.

Untuk mengembalikan kekencangan payudara secara alami, lakukan olahraga yang tepat secara rutin. Namun, pada dasarnya, olahraga tidak bisa menambah volume payudara. Karena, sebagaimana yang telah disebutkan, payudara terbentuk dari jaringan lemak, sementara olahraga hanya melatih jaringan otot. Namun, olahraga cukup efektif untuk mengencangkan ligamen payudara yang mulai terasa kendur.

Olahraga tepatĀ mengencangkan payudara selama menyusui

Mengencangkan payudara

http://www.kocaelikizyurdu.com/

Berikut ini gerakan olahraga untuk melatih otot di area dada yang bisa Anda coba:

  • Langkah pertama: Siapkan bangku panjang selebar bahu dan barbel di kedua genggaman tangan. Berbaringlah dengan posisi lengan tegak ke atas dan kedua kaki menginjak lantai. Turunkan lengan hingga sejajar dengan dada, lalu angkat kembali ke posisi tegak. Ulangi sebanyak 10 kali, dan lanjutkan ke langkah kedua.

  • Langkah kedua: Lakukan push-up dengan cara pria, agar lebih efektif mengencangkan payudara. Letakkan telapak tangan di lantai dengan posisi terbuka melebihi bahu. Topang kaki pada ujung jari dan rapatkan. Pastikan posisi tubuh lurus dari kepala sampai kaki. Angkat tubuh menggunakan kekuatan tangan, lalu turunkan kembali hingga area dada mendekati lantai, tanpa menyentuhnya.

  • Langkah ketiga: Posisikan tubuh seperti pada langkah pertama. Tegakkan kedua lengan ke atas dengan barbel di genggaman tangan. Turunkan dengan posisi merentangkan kedua lengan secara perlahan hingga sejajar dengan dada. Lalu, angkat kembali lengan ke posisi semula.

  • Catatan: Antara langkah pertama dan kedua, sebaiknya Anda tidak memberi jeda untuk istirahat. Sementara itu, istirahatlah selama 90 detik, setelah langkah kedua dan ulangi langkah pertama dan kedua sebelum berlanjut ke langkah ketiga. Ulangi langkah ketiga sebanyak 10 kali, dengan jeda istirahat 90 detik pada masing-masing pengulangan.

Secara alami, enam bulan setelah masa menyusui usai, jaringan lemak akan kembali menggantikan kelenjar ASI pada payudara. Lemak tersebut akan mengembalikan kekencangan payudara, dan tentu akan lebih baik jika Anda rajin menjalani latihan fisik dan menjaga pola makan dan hidup sehat.

Sementara itu, apabila Anda membutuhkan produk suplemenĀ yang dapat menjaga elastisitas kelenjar payudara atau booster ASI seperti Mamofillin Cream, Asifit, Lactamam, Anda bisa mendapatkannya secara online di apotek K24Klik.

Ada baiknya, hilangkan kecemasan yang tidak perlu, dan fokuslah memberi asupan terbaik bagi buah hati Anda.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *