Share this:

Melahirkan Normal, Ini Keuntungan Bagi Ibu dan Bayi

melahirkan normal
https://www.freepik.com

Teknologi kedokteran kini telah banyak berkembang, termasuk juga dalam hal cara melahirkan. Saat ini selain melahirkan normal, ibu hamil juga memiliki pilihan untuk melakukan operasi sesar. Biasanya, dokter akan menyarankan operasi sesar berdasarkan alasan medis karena adanya kondisi yang membahayakan Ibu ataupun janin.

Namun kini ada fenomena ibu hamil yang justru menjadikan operasi sesar sebagai pilihan utama saat melahirkan bukan karena alasan medis. Padahal bila sobat sehat tahu, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari melahirkan normal. Yuk simak informasi berikut.

  1. Melahirkan Normal, Ibu Lebih Cepat Pulih

Operasi sesar dilakukan dengan cara membedah perut lapis demi lapis untuk mengeluarkan bayi yang ada di dalamya. Setelah selesai, lapisan perut tadi dijahit dengan benang untuk menyatukan kembali kulit ibu. Nah bekas jahitan inilah yang biasanya memakan waktu lama untuk kembali pulih, bisa sekitar 1 hingga 4 minggu. Bahkan terkadang ada yang masih merasakan nyeri pada bekas luka setelah beberapa bulan atau tahun.

Bagaimanapun, operasi dilakukan dengan cara sengaja melukai tubuh. Sedangkan jika melahirkan normal, Ibu bisa langsung pulih hanya dalam beberapa hari saja karena proses yang terjadi adalah proses alami yang bisa diantisipasi dan dipulihkan oleh tubuh.

  1. Bisa Langsung Menyusui Bayi

Nah karena ibu lebih cepat pulih tadi, maka setelah melahirkan ibu dapat segera menyusui bayinya dengan nyaman. Dengan begitu, bayi akan mendapat nutrisi lebih baik dan bisa meningkatkan ikatan dengan ibu lebih kuat lagi.

  1. Sistem Imun Bayi Lebih Kuat

melahirkan normal
https://www.freepik.com

Saat melahirkan normal, tubuh bayi akan melewati jalan lahir yang terdapat banyak bakteri di sana. Secara tidak langsung, bakteri tersebut akan menempel pada tubuh bayi dan membentuk sistem imun yang lebih kuat. Hal ini tidak terjadi pada bayi yang lahir dengan operasi sesar karena tubuh bayi akan langsung terpapar dunia luar tanpa perlindungan sistem imun terlebih dahulu.

  1. Sistem Pernapasan Bayi Lebih Sehat

Saat persalinan normal, otot-otot bayi akan tergerak sedemikian rupa sehingga mendorong cairan yang ada di paru-paru untuk keluar dan mempermudah bayi bernapas untuk pertama kalinya. Proses ini tidak terjadi pada bayi yang lahir dengan operasi sesar, sehingga kemungkinan gangguan pernapasan lebih besar terjadi.

  1. Kondisi Rahim Lebih Aman

Ibu yang lahir dengan operasi sesar, pada kehamilan berikutnya akan lebih sulit memiliki kesempatan untuk melahirkan normal. Hal ini disebabkan setelah perlukaan, rahim akan lebih mudah robek apabila mengalami kontraksi. Apabila dipaksakan, ditakutkan akan terjadi perdarahan yang membahayakan nyawa Ibu.

Sobat sehat, itulah tadi keuntungan yang bisa didapat apabila memilih untuk melahirkan normal. Terkadang ibu hamil mengalami sakit dan butuh minum obat. Anda bisa berkonsultasi mengenai penggunaan obat berikut efek sampingnya bagi kehamilan dengan mengakses livechat kami di www.k24klik.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *