mata kering
Share this:

Mata kering merupakan masalah yang cukup sering dialami oleh setiap orang. Namun, tidak semua orang menganggap keluhan ini sebagai gangguan yang serius. Padahal, mata yang mengalami kekeringan bisa berbahaya jika tidak segera diatasi dengan baik dan tepat. Karena, sejatinya mata adalah organ vital yang sangat penting bagi aktifitas kehidupan sehari-hari.

mata kering

Tentang Mata Kering?

Mata membutuhkan air mata sebagai pelicin agar dapat bekerja secara optimal dan memberi kenyamanan saat melihat. Air mata ini diproduksi oleh kelenjar khusus. Saat kelenjar di sekitar mata ini mengalami gangguan dan tidak memproduksi air mata, akan timbul masalah mata kering.

Keluhan mata yang kering ini ditandai dengan gejala, sebagai berikut:

  • Mata terasa panas, gatal, dan perih
  • Jadi lebih sensitif terhadap cahaya
  • Terasa seperti ada benda asing atau pasir di area mata
  • Mata memerah dan penglihatan menjadi kabur
  • Mata terasa lelah dan berlendir

Penyebab Mata Kering

Jika keluhan mata kering Anda alami, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu penyebab dari mata kering tersebut. Kekeringan pada organ mata bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  1. Lingkungan sekitar. Faktor lingkungan ini meliputi: cuaca kering, debu, asap, paparan matahari, angin (terlebih tiupan angin panas), dan lokasi Anda berada (ketika berada di ketinggian, Anda lebih berpotensi mengalami kekeringan pada organ mata)
  2. Menatap sesuatu dalam waktu lama dan tanpa berkedip (seperti menatap layar TV, computer, smartphone, atau membaca buku terlalu lama). Mengemudi dalam waktu lama (jarak jauh), hingga mata menjadi lelah serta banyak terpapar asap kendaraan dan angin.
  3. Pertambahan usia. Seiring bertambahnya usia, produksi air mata semakin menurun. Selain itu, kinerja kelopak mata dalam memeratakan produksi air mata juga semakin turun dan kurang sensitif.
  4. Efek samping dari obat tertentu. Beberapa jenis obat yang dapat mempengaruhi produksi air mata, antara lain: antidepresan, obat kontrasepsi, obat hipertensi, obat-obatan parkinson, obat jerawat, dan beberapa obat lainnya. Efek samping tersebut dapat Anda lihat pada setiap label kemasan obat.
  5. Perubahan hormon. Umumnya terjadi pada kaum wanita. Perubahan hormon akibat penggunaan pil kontrasepsi, karena kehamilan, atau saat memasuki masa menopause dapat menyebabkan mata menjadi kering.
  6. Tindakan mempercantik mata. Operasi Lasix dan penggunaan lensa kontak dapat memicu kekeringan pada mata. Masalah tersebut umumnya akan membaik seiring berjalannya waktu. Namun, jika dalam penggunaan lensa kontak timbul iritasi, sebaiknya hentikan pemakaian dan segera berkonsultasi dengan dokter.
  7. Kondisi kesehatan tertentu yang mempengaruhi kinerja dan struktur kelopak mata. Beberapa kondisi medis tersebut, antara lain pada penderita diabetes, Bell’s Palsy, HIV, lupus, dan masih banyak lagi.

Untuk memastikan penyebab keluhan pada mata ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan medis lebih lanjut. Agar keluhan dapat ditangani dengan tepat.

Penanganan Mata Kering

Keluhan mata kering ini bisa sangat mengganggu manusia dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Oleh karenanya, perlu segera ditangani dengan baik dan benar. Untuk mengatasi mata kering, tak jarang orang secara otomatis mengucek atau menggosok-gosok mata. Padahal, tindakan tersebut sangatlah tidak dianjurkan karena dapat membuat mata menjadi iritasi dan bisa memperparah keadaan.

Baca tips mengatasi mata kering secara tepat pada link berikut ini:
Tips Mengatasi Mata Kering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *