Share this:

Manfaat Oksitosin, Hormon Cinta yang Berperan dalam Reproduksi hingga Kejiwaan

Manfaat oksitosin
https://www.pexels.com

Hormon oksitosin lebih sering diketahui berada di dalam sistem reproduksi. Namun tahukan kamu hormon oksitosin atau hormon cinta ini juga berperan penting dalam kejiwaan manusia? Yuk, cari tahu lebih banyak tentang hormon cinta dengan membaca artikel ini hingga usai!

Hormon Oksitosin berada di dalam Hipotalamus Otak

Hormon oksitosin berada di dalam hipotalamus otak. Kelenjar pituitari yang terletak di dasar otak merupakan penghasil hormon ini. Namun dalam ilmu biologi, hormon oksitosin merupakan neuropeptida yang bertindak sebagai hormon dan senyawa organik pengirim sinyal di dalam otak.

Manfaat Oksitosin pada Reproduksi Wanita

Sejauh ini, hormon oksitosin diketahui berperan penting dalam membantu proses kelahiran. Produksi alami oksitosin dalam tubuh merangsang rahim untuk berkontraksi pada akhir kehamilan sebagai tanda awal kelahiran bayi. Pelepasan hormon oksitosin dipicu karena pelebaran leher rahim dan vagina selama kelahiran. Akibatnya, hal ini meningkatkan kontraksi selanjutnya. Tak hanya itu, hormon ini juga membantu merangsang produksi air susu setelah kelahiran.

Selain itu, oksitosin dapat diberikan untuk memancing kontraksi kelahiran atau menguatkan kontraksi selama kehamilan. Obat ini juga mampu mengurangi perdarahan setelah persalinan serta berperan dalam mengakhiri kehamilan atau saat keguguran.

Hormon Cinta serta Manfaatnya bagi Kejiwaan Manusia

Penelitian terbaru mulai menyelidiki peran oksitosin dalam berbagai tingkah laku manusia, seperti orgasme, kedekatan sosial, dan sikap keibuan. Oleh karena itu, hormon ini disebut juga hormon cinta. Efek oksitosin lainya yakni pada tingkah laku dan respons emosi seperti dalam membangun ketenangan, kepercayaan dan stabilitas psikologi.

Dalam Hubungan Intim

hormon cinta
https://www.freepik.com

Hubungan intim akan mendorong pelepasan oksitosin yang berperan dalam ereksi dan orgasme. Dengan demikian, gerakan rahim yang meningkat dapat membantu sperma menjangkau sel telur. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa hormon oksitosin juga meningkatkan ketertarikan pria pada pasangannya. Penelitian juga menunjukkan, bahwa oksitosin dapat berpengaruh untuk membangkitkan rasa menghargai dan senang saat pria melihat pasangannya, tetapi perasaan senang itu dapat meredup saat pria melihat wanita lain.

Bagi Kejiwaan

Sementara itu, oksitosin dianggap sebagai obat ajaib yang dapat membantu meningkatkan perasaan positif serta kecakapan sosial. Hormon ini dikabarkan dapat meringankan gangguan kondisi kejiwaan dan tingkah laku, seperti depresi, gangguan stres pasca trauma, hingga autisme. Hormon oksitosin juga dinyatakan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi penderita gangguan autisme. Meski demikian masih sedikit bukti klinis yang menyarankan penggunaan oksitosin sebagai obat yang efektif untuk gangguan kejiwaan.

Nah Sobat Sehat, itu tadi beberapa manfaat oksitosin atau hormon cinta yang perlu diketahui. Apabila kamu membutuhkan informasi mengenai kesehatan atau aturan pemakaian obat, kamu bisa menghubungi Health Consultant kami melalui live chat pada website atau aplikasi K24Klik.

Sumber : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *