Share this:

buah-buahan

Menjaga kesehatan merupakan hal yang paling penting bagi semua individu. Karena dengan menjaga kesehatan, semua kegiatan atau aktivitas dapat berjalan dengan lancar dan menjadi lebih produktif. Cara menjaga kesehatan yang paling mudah adalah dengan mengatur pola hidup sehat, baik dengan olahraga, istirahat cukup, dan memperhatikan asupan gizi dengan benar, serta tidak lupa mengkonsumsi buah-buahan.

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Hal itulah yang membuat Indonesia memiliki ragam jenis buah-buahan yang berbuah menurut jadwalnya masing-masing. Bagi Anda penggemar buah-buahan, tentunya buah merupakan menu yang penting bagi makanan atau diet Anda sehari-hari. Untuk dapat memaksimalkan konsumsi buah-buahan harian Anda, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis buah-buahan di Indonesia dan kapan saja waktu berbuahnya.

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa untuk mendapatkan buah yang dicari, sebaiknya harus sesuai dengan musimnya. Bila kita menyukai buah, sebaiknya kita memaksimalkan jangka waktu saat buah tersebut sedang musim dan jangan sampai terlewatkan. Jangan sampai kita yang suka buah durian justru tidak memanfaatkan musim durian dengan maksimal saat musimnya tiba.

kebun durian

Berdasarkan beberapa penelitian, ternyata ada korelasi antara kesehatan manusia dan musim buah. Ketika musim salah satu jenis buah tiba, maka zat yang terkandung dalam buah tersebutlah yang sedang dibutuhkan oleh tubuh. Misal ketika musim buah rambutan tiba maka tubuh sebenarnya sedang membutuhkan beberapa zat gizi yang ada dalam buah rambutan tersebut.

 

Berikut lima alasan mengapa perlu memilih buah sesuai musimnya :

 

Rasa: buah-buahan segar yang dipetik langsung dari kebun memiliki rasa terbaik – renyah, ranum dan kaya warna! Jaringan supermarket besar harus menyimpan sebagian besar buah-buahan dalam lemari atau ruangan pendingin, dan bila Anda memilih cara ini, buah-buahan rasa pendingin lah yang akan Anda dapatkan.
kebun buah delima

Vitamin dan Mineral: buah musiman segar biasanya dipetik saat sudah matang, yang berarti tanaman disinari oleh sinar matahari yang cukup. Semakin matang buah, semakin banyak nutrisi baik yang terkandung di dalamnya.
Ekonomis: Ketika ada banyak buah dipanen pada musimnya, harga akan turun, yang pastinya akan menghemat pengeluaran di sektor pangan.
Ramah lingkungan: Buah yang dipanen sesuai musimnya, tidak ada campur tangan para ilmuwan (lebih alami dan bebas zat kimiawi). Juga, tidak harus diterbangkan atau dikirim ke seluruh benua atau menyeberangi lautan. Ini berarti lebih aman untuk planet kita tercinta.
Membangun komunitas/masyarakat sekitar: Bila Anda mengonsumsi hasil bumi lokal (bukan impor), maka Anda akan membantu perekonomian petani dan usaha kecil – menengah di komunitas atau masyarakat Anda dan sekitarnya. Dengan kata lain, memakan apa yang tumbuh sesuai musimnya memberikan sumbangsih besar pada rakyat sesama dan penghasilan negara

Dengan memahami dan mengetahui kapan saja buah-buah tersebut masuk musimnya, kita dapat dengan mudah mengatur menu makanan yang dapat dipasangkan dengan buah tersebut sebagai menu pencuci mulut maupun sebagai makanan ringan di sela-sela makanan pokok. Jika Anda ingin menambahkan buah-buahan yang menarik silahkan komen disini. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati musim buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *