Share this:

Manfaat Coklat Hitam sebagai Antioksidan dan Penurun Tekanan Darah

Manfaat Coklat Hitam
https://www.pexels.com

Coklat, penganan yang satu ini sudah tentu disukai oleh banyak orang terutama anak-anak. Manfaat coklat hitam yang utama yakni sebagai antioksidan. Sayangnya coklat sering ditambahkan karamel, kacang dan bahan-bahan lainnya dengan lemak dan kalori tinggi yang justru dapat mengganggu kesehatan. Untuk mengetahui manfaat serta cara mengkonsumsi coklat yang benar, baca artikel ini hingga usai ya, Sobat Sehat!

Coklat Kaya akan Nutrisi

Coklat hitam memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut kandungan tersebut:

  • Flavonoid
    Zat ini bersifat antioksidan dan dipercaya dapat memerangi radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Terbentuknya radikal tidak dapat dihindari karena terjadi secara alami dari proses tubuh seperti proses pernafasan. Sumber radikal bebas antara lain yakni asap rokok, asap kendaraan, dan polusi lingkungan.
  • Flavanol
    Flavanol merupakan zat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kecenderungan trombosit untuk menggumpal, serta meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung. Namun semakin lama pengolahan yang dilakukan pada coklat hitam, akan membuat kandungan flavanol lebih banyak hilang.

Manfaat Coklat Hitam yang Perlu Kamu Tahu

stress chocolatte
https://www.pexels.com

Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi coklat hitam, antara lain:

  • Meredakan stres

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi coklat secara rutin dalam jumlah tertentu dapat membantu meredakan stres. Namun studi ini memiliki beberapa kekurangan sehingga hasilnya belum bisa dijadikan pembuktian untuk teori tersebut. Dibutuhkan studi lainnya yang lebih besar untuk membuktikan khasiat coklat hitam untuk meredakan stres.

Penelitian menyebutkan bahwa cokelat bermanfaat untuk menghindari penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Hal itu dikarenakan coklat dapat memberikanĀ  efek-efek sebagai berikut:

  1. Menurunkan tekanan darah. Umumnya, mengkonsumsi cokelat dapat menekan tekanan darah sistolik hingga dua poin.
  2. Mampu meningkatkan HDL (high-density lipoprotein) atau lemak baik dan menurunkan LDL (low-density lipoprotein) atau lemak jahat.
  3. Mencegah diabetes dengan memperbaiki resistensi insulin. Untuk penderita diabetes tipe 2, manfaat lain yang didapatkan adalah meminimalkan komplikasi dari gula darah yang tinggi.
  4. Memperlancar aliran darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Studi lain menemukan bahwa cokelat hitam juga dapat mengurangi sindrom kelelahan kronis yang dialami setiap hari.

Trik Mengonsumsi Cokelat

Sebenarnya, kokoa dalam cokelat mengandung zat gula dan lemak yang rendah. Sementara, serat tidak larut yang dimiliki kokoa sebagian besar berasal dari kulit ari biji kokoa yang belum diproses.

Jika kamu ingin mengambil manfaat cokelat untuk kesehatan, maka pilih bubuk kokoa tanpa pemanis yang dapat disajikan pada susu rendah lemak, bubur gandum, atau makanan dan minuman lain yang kamu konsumsi.

Gunakan satu sendok makan bubuk kokoa tanpa pemanis dengan kandungan 20 kalori, sekitar 0,5 gram lemak dan 1 gram serat untuk satuĀ  kali sajian. Kokoa jenis ini juga tidak mengandung lemak jenuh.

Untuk memperoleh beragam manfaat cokelat hitam yang telah dipaparkan di atas, perhatikan label pada kemasan produk sebelum membelinya. Hindari produk dengan banyak bahan tambahan serta pemanis yang berlebihan.

 

Sumber : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *