Share this:

baperBaper, atau bawa perasaan, belakangan ini, istilah tersebut sedang booming di masyarakat. Ketika melakukan sesuatu yang mengingatkan kita pada kenangan/ mantan, perasaan atau mood langsung berubah drastis. Yang tadinya sedang dalam kondisi happy, atau minimal stabil, tiba-tiba jadi sedih mendayu-dayu. Ditambah, sekarang musim hujan. Dimana banyak orang bilang, hujan itu 1% air dan 99% adalah kenangan. Semakin tinggilah tingkat ke-baper-annya, naik level menjadi baper akut.

 

Sobat sehat, sudah jelas baper merupakan kondisi yang tidak sehat. Pernah mendengar tentang sad syndrome? Gangguan mood yang satu ini merupakan efek dari baper yang berkepanjangan. Sad syndrome dapat menyebabkan depresi bila tidak segera diatasi dengan baik. Sebelum menjadi depresi, yuk perbaiki mood. Selain memperbaiki mood dengan cara melakukan hal-hal positif yang menyenangkan, kita dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang diyakini dapat mengurangi perasaan negatif, seperti sedih, cemas, dan marah. Beberapa jenis makanan di bawah ini mungkin bisa Anda coba untuk menaikkan kembali mood yang sudah drop

  1. Cokelatcokelat

Hampir sebagian orang menyukai makanan manis yang satu ini. Cokelat mengandung zat tryptophan, yang dapat membantu mengurangi depresi. Selain itu, cokelat disinyalir dapat meningkatkan hormon endorfin, yang dapat menciptakan perasaan senang dan meningkatkan mood. Cokelat juga bermanfaat mengurangi hormon kortisol yang dapat menyebabkan stress. Jenis cokelat terbaik untuk mood yang lebih baik adalah dark chocolate.

  1. Buah Pisang

Buah manis yang satu ini mengandung zat triptofan dan asam amino esensial, yang dapat meningkatkan kadar serotonin, hormon yang dapat memperbaiki suasana hati.

ice krim

  1. Es Krim

Masih ingat bagaimana ekspresi seorang anak kecil ketika makan es krim? Bahagia. Ya, bukan hanya anak kecil, siapapun yang memakan es krim, suasana hatinya akan lebih senang. Hal tersebut disebabkan karena es krim mengandung asam amino tryptophan yang menenangkan otak dan mengurangi depresi.

 

 

  1. Buah Berry

Meski rasanya agak asam, buah berry mengandung anthocyanidins dan anthocyanins yang dapat membantu menghilangkan stress. Buah berry yang termasuk dalam golongan peningkat mood tersebut antara lain buah strawberry, blueberry, dan raspberry.

  1. Tomat

Kandungan Lycopen dalam buah tomat berfungsi melindungi lemak otak vital. Nutrisi dalam tomat juga dapat mencegah penumpukan protein kotor dalam otak. Terbayang, kan, kalau protein kotor menumpuk di otak? Bisa-bisa pikiran positif tidak akan muncul.

  1. Sayuran Hijau

Vitamin B dalam sayuran hijau, dapat meningkatkan produksi neurotransmitter, yang berkaitan dengan jaringan otak. Sayuran hijau, terutama asparagus, juga mengandung folat yang disinyalir dapat memicu perasaan nyaman dan bahagia.

  1. Telur

Kolin yang terkandung dalam telur, terbukti memiliki fungsi penting, antara lain mengoptimalkan membran sel dan neutransmisi, yang berkaitan dengan energi dan peningkatan suasana hati. Dalam sebutir telur, juga mengandung omega-3 asam lemak, seng, iodide, dan vitamin B yang bagus bagi kesehatan otak.

  1. Teh Hijau

Kaya akan kandungan antioksidan, theanine, yang meningkatkan produksi dopamine dan serotonin. Kedua hormon ini membantu mengurangi stress dan memperbaiki suasana hati /mood.

  1. Kopicoffe

Awali pagimu dengan segelas kopi untuk hari yang lebih baik. Mungkin pernyataan itu benar adanya. Karena kafein dalam kopi dapat menstimulasi otak dan tubuh untuk beraktifitas.

 

 

  1. Alpukat

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari buah yang satu ini. Selain sumber lemak sehat, buah ini dapat membantu mengurangi stress dan membuat penikmatnya lebih bahagia. Karena alpukat mengandung asam folat yang dapat meningkatkan energi dan metabolisme di dalam tubuh kita.

Sudah tahu jenis makanan dan minuman yang dapat meningkatkan mood, bukan? Jangan galau dan baper lagi ya, sobat sehat. Ada banyak alasan untuk bahagia jika kita dapat menyikapi segala masalah dengan pikiran yang positif.

 

be happy

 

One thought on “Makanan Anti Baper”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *