Share this:

permen manis

Gula, hampir semua orang menyukai rasanya yang manis. Gula sering digunakan sebagai campuran dalam makanan dan minuman. Kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman manis, tidak jarang membuat seseorang menjadi kecanduan. Rasanya ada yang kurang jika setiap makanan atau minuman yang dikonsumsi, tidak diberi tambahan gula.

Bagi Anda pecandu makanan manis, sebaiknya berhati-hati. Konsumsi gula yang berlebihan, tentu saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan, dan dapat memicu timbulnya penyakit tertentu. Salah satunya adalah diabetes. Penyakit ini dapat menyerang Anda jika tidak mengontrol asupan gula Anda dengan baik.

Untuk membantu Anda terhindar dari kecanduan gula, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain :

  1. Makan secara teratur dan tepat waktu.

Pola makan yang teratur serta seimbang antara protein, karbohidrat, serat, dan lemak sehatnya, dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah. Pola makan yang teratur juga dapat membantu mengurangi kecanduan akan gula.

  1. Gunakan pemanis alami.

Ganti kebutuhan gula Anda dengan gula alami seperti madu, yang lebih menguntungkan bagi kesehatan.

madu tawon

  1. Konsumsi camilan sehat.

Kontrol keinginan konsumsi gula dengan cara mengkonsumsi camilan sehat yang rendah gula, atau buah-buahan yang lebih menyehatkan.

  1. Singkirkan makanan manis dari menu harian Anda.

Mencoret makanan manis dari daftar menu harian Anda, secara tidak langsung dapat membantu menahan keinginan Anda untuk mengkonsumsi gula.

Selain keempat tips di atas, olah raga yang teratur juga dapat membantu mengatasi kecanduan gula. Pada saat Anda berolah raga, tubuh akan melepaskan endorfin, sama seperti ketika Anda mengkonsumsi gula. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan efek yang diinginkan tanpa perlu mengkonsumsi gula. Dan tentunya, dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *