Share this:

Kosmetik Ilegal yang Digerebek BPOM

Tingginya permintaan kosmetik terutama produk pemutih, menjadi peluang bagi perusahaan nakal untuk meraup keuntungan yang lebih besar. Mereka tak segan untuk menggunakan produk kadaluarsa sebagai bahan baku pembuatan kosmetik tersebut. Oleh karenanya, BPOM pun gencar melakukan pengawasan dan pemeriksaan untuk meminimalisir beredarnya kosmetik ilegal.

kosmetik ilegal
https://www.freepik.com

Awal Agustus lalu, BPOM berhasil menggerebek tiga gudang penyimpanan kosmetik dan obat tradisional ilegal di kawasan Surya Balaraja, Tangerang. Dari ketiga gudang tersebut, petugas menemukan bahan baku berupa bahan dasar krim, kemasan primer produk, produk jadi kosmetik ilegal dan kadaluarsa serta produk jadi obat tradisional ilegal dan mengandung bahan kimia obat (BKO) serta 148 rol bahan kemasan primer kosmetik dengan nilai keekonomian mencapai lebih dari 41.5 miliar rupiah.

Daftar Nama Kosmetik Ilegal yang Ditemukan BPOM

Dari penggrebekan tersebut, BPOM menemukan beberapa merek kosmetik terkenal yang beredar di pasaran. Produk-produk ini diduga kuat mengandung bahan yang dilarang digunakan dalam kosmetik. Produk yang ditemukan tersebut merupakan merek yang dipalsukan.

  1. Temulawak Two Way Cake
  2. New Papaya Whitening Soap
  3. NYX Pensil Alis
  4. MAC Pensil Alis
  5. Revlon Pensil Alis
  6.  Collagen Plus Vit E Day and Night Cream
  7.  Cream Natural 99
  8. SP Whitening and Anti Acne
  9. Quine Pearl Cream
  10. Citra Day Cream
  11. Citra Night Cream
  12. La Widya Temulawak.

Ciri Kosmetik Ilegal yang Mengandung Merkuri

pemutih ilegal
https://www.freepik.com

Memang sulit untuk membedakan kandungan kosmetik ilegal dengan melihat tampilan luar produk saja, selalu cek dan baca kandungan produk pada kemasan dan pastikan juga produk tersebut lulus BPOM RI.

Berikut beberapa karakterisitik kosmetik (krim) yang perlu Sobat Sehat curigai, bila mengandung bahan berbahaya seperti mekuri,

  1. Memiliki bau kimia agak tajam
  2. Agak berkilat karena merkuri adalah sejenis metal
  3. Efek putih sangat instan
  4. Kulit menjadi sensitif terhadap matahari dan mudah iritasi
  5. Menyebabkan efek gatal pada awal pengolesan.

Jadi, Sobat Sehat jangan tergiur oleh iklan dengan model paras sempurna ya. Ingat selalu Cek KLIK, Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin edar, dan Cek Kedaluwarsa sebelum membeli atau memilih produk kosmetik.

 

Sumber : BPOM RI dan berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *