Share this:
kerusakan gigi anak
https://www.freepik.com/

Kerusakan Gigi Anak, Hindari Kebiasaan-kebiasaan Berikut Ini!

Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan anak terlihat biasa namun ternyata dapat merusak gigi susunya. Beberapa masalah gigi yang muncul biasanya gigi berlubang, gigi tanggal, karies gigi, serta gingivitis (peradangan pada gusi). Meski gigi susu akan diganti dengan gigi tetap, Sobat Sehat tetap perlu menjaga kesehatan gigi si kecil. Karena apabila gigi susunya bermasalah, dapat mempengaruhi bentuk gigi anak setelah dewasa nanti.

Kerusakan Gigi Anak dapat Disebabkan oleh Kebiasaan Ini

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat merusak kesehatan gigi anak:

1. Penggunaan botol susu atau mengedot

Meminum susu dengan botol ternyata menjadi kebiasaan utama yang dapat menyebabkan kerusakan gigi pada anak. Terlebih dilakukan sambil tiduran dalam waktu yang lama. Saat susu menempel atau mengenang di sekitar gigi dalam waktu yang lama, membuat gigi rentan terhadap bakteri dan asam. Bila gula menempel pada gigi, ini berarti memberikan makanan untuk bakteri berkembang biak di gigi sehingga gigi menjadi berlubang.

2. Mengisap jempol dan mengempeng

mengedot, ngempeng
https://www.freepik.com/

Kebiasaan lain yang dapat menyebabkan gigi rusak yakni mengisap jempol dan mengempeng. Apabila kebiasaan ini dilakukan pada usia 4-6 tahun dapat menyebabkan gigi anak akan tumbuh berantakan serta dapat menyebabkan kesulitan mengunyah.

Pada anak usia yang cukup besar, kebiasaan ini juga dapat mempengaruhi bentuk rahang dan bentuk normal gigi. Sebaiknya hentikan kebiasaan ini mulai usia 1 tahun agar tidak semakin sulit untuk dilepaskan.

3. Menyusu di malam hari

Sebelum tidur anak minta susu padahal sudah sikat gigi. Kebisaan ini yang tanpa disadari dapat merusak gigi anak. Menyusu di malam hari, akan meninggalkan gula di mulut dan gigi anak sepanjang malam. Apabila dilakukan terus-menerus, enamel gigi akan rusak.

Anak yang mengkonsumsi ASI juga disarankan untuk membersihkan gigi setelah menyusui. Karena di dalam ASI juga terkandung laktosa yang dapat merusak gigi anak.

4. Menggigit alat tulis

Memasuki usia sekolah dan prasekolah, anak akan mulai menggunakan alat tulis. Menggigit alat-alat tulis seperti pensil, dan pulpen dapat menyebabkan masuknya bakteri ke dalam mulut dan dapat memicu keretakan gigi.

5. Minuman manis dan bersoda

Tanpa disadari, ternyata minuman bersoda mengandung banyak sekali gula serta tidak memberikan nutrisi dengan sempurna. Tak hanya itu, minuman manis lainnya seperti jus juga mengandung gula tinggi. Meski terdengar sehat, namun ternyata serat dan nutrisi yang terkandung di dalam buah dapat hilang saat proses pembuatan jus. Selain itu, bentuknya yang halus membuat jus melewati saluran pencernaan dengan cepat sehingga vitamin tidak terserap dengan baik oleh tubuh.

6. Menelan pasta gigi

Pasta gigi anak-anak tersedia dalam beragam rasa dan warna. Terkadang, pasta gigi tertelan oleh anak saat ia menyikat gigi. Hindari hal ini sebisa mungkin karena fluoride yang terkandung dalam pasta gigi dapat menyebabkan fluorosis (munculnya bintik cokelat dan putih pada gigi).

Cegah Kerusakan Gigi Anak dengan Cara Ini

sikat gigi anak, merawat gigi anak
https://www.freepik.com/

Perawatan gigi pada anak harus dimulai sebelum gigi pertamanya muncul. Karena sebenarnya gigi anak sudah mulai terbentuk sejak kehamilan pada trimester kedua. Saat anak lahir, ternyata mereka sudah memiliki 20 gigi utama yang terus berkembang di dalam rahangnya.

Lalu bagaimana cara merawat gigi anak dengan benar? Yuk ikuti tips berikut:

  • Setelah gigi pertama bayi muncul, sikat gigi bayi dengan sikat gigi lembut khusus bayi dengan air.
  • Saat anak sudah berusia 2 tahun dan mulai mengerti cara menyikat gigi, Sobat Sehat dapat memberikannya pasta gigi. Ajarkan anak untuk dapat meludahkan busa saat menyikat gigi serta hindari anak menelan pasta gigi.
  • Sekitar usia 3 tahun, berikan pasta gigi dengan fluoride sebesar biji kacang untuk melindungi gigi anak dari asam.
  • Biasakan anak untuk menyikat gigi dua kali sehari secara teratur, yakni setelah sarapan dan sebelum tidur. Jangan lupa untuk selalu mengawasi anak ketika sedang menyikat gigi.
  • Batasi konsumsi makanan manis yang dapat mengikis enamel dan menyebabkan gigi anak berlubang. Ajarkan juga untuk menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan manis, agar gula pada makanan tidak menempel pada gigi.

Nah Sobat Sehat, itu tadi beberapa kebiasaan-kebiasaan yang ternyata dapat merusak gigi anak. Kerusakan gigi anak sebenernya dapat dihindari dengan perawatan gigi yang tepat. Jika terdapat tanda-tanda kerusakan gigi anak, jangan sungkan untuk mengunjungi dokter gigi agar kerusakan gigi dapat segera diatasi.

Sumber : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *