Waspada, Inilah 3 Tanda Keputihan Mulai Tidak Normal

Published by Dewi Dwiputri on

Keputihan Abnormal, Waspadai 3  Tanda ini!

keputihan abnormal

Bagi wanita, keputihan adalah hal yang mungkin biasa terjadi. Banyak wanita yang menganggap keputihan merupakan hal normal yang akan hilang dengan sendirinya. Faktanya, ada dua jenis keputihan yaitu fisiologis dan patologis. Perbedaannya terdapat di penjelasan berikut ini:

  • Keputihan Fisiologis

Penyakit keputihan jenis ini normal terjadi secara alami pada tubuh wanita. Umumnya, keputihan fisiologis terjadi sebelum dan sesudah siklus menstruasi terjadi. Selain itu, keputihan normal terjadi pada wanita hamil, wanita pada masa menopause, dan ketika kekebalan tubuh sedang menurun.

Penyakit fisiologis sering kali hanya berupa cairan berwarna bening (tidak berwarna) dan tidak berbau. Cairan bening tersebut memang normal terjadi karena berfungsi untuk mengeluarkan bakteri jahat dan sel mati yang ada di dalam organ reproduksi wanita.

  • Keputihan Patologis

Penyakit ini disebut juga dengan keputihan abnormal karena penyebabnya datang dari penyakit atau infeksi. Keputihan patologis yang berwarna tidak normal, berbau, serta menyebabkan iritasi bisa menjadi tanda bahwa terdapat penyakit di dalam tubuh wanita. Beberapa penyakit yang mungkin terjadi adalah infeksi virus, tumbuhnya jamur, atau bakteri.

Keputihan Abnormal Seperti Apa yang Patut Dicurigai?

keputihan abnormal

Dengan mengenali jenis-jenis keputihan, Sobat Sehat bisa lebih waspada lagi mengenai kesehatan organ wanitanya. Jika kelainan ditemukan sejak dini, penyembuhan pun bisa dilakukan lebih cepat sebelum sakit bertambah parah. Nah, kondisi keputihan abnormal seperti apa yang patut Sobat Sehat curigai?

  • Berbau

Aroma keputihan yang normal adalah tidak berbau menyengat. Jika noda di pakaian dalam Anda berbau amis atau asam, hal tersebut patut diwaspadai. Ini bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang mengidap bacterial vaginosis.

Sebaiknya, segera konsultasikan kondisi kepada dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat minum atau krim antibiotik untuk mengatasinya. Agar tidak repot, manfaatkan layanan obat online dari K24Klik.com.

  • Berwarna

Walaupun disebut sebagai “keputihan”, sesunggunya kondisi cairan yang normal adalah berwarna bening. Jadi, waspadai jika warna cairan yang Anda temui mulai berwarna putih kekuningan, hijau, coklat, atau bahkan memiliki bercak merah muda. Keputihan abnormal tersebut bisa menjadi tanda adanya jamur atau penyakit tertentu.

  • Disertai Rasa yang Sangat Tidak Nyaman

Normalnya, keputihan hanya menimbulkan sedikit rasa tidak nyaman. Kalau keputihan disertai rasa gatal, perih, atau membengkak, ini bisa berarti ada sesuatu yang bermasalah pada organ reproduksi wanita. Selain tidak nyaman untuk beraktivitas, kondisi ini sebaknya memang harus cepat ditangani sebelum memburuk.

Berkonsultasilah Secara Detail

Terkadang, wanita merasa sungkan untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya terutama jika berhubungan dengan organ reproduksi. Namun begitu, solusi terbaik tetaplah mencari pertolongan medis, terlebih lagi jika kondisi yang Sobat Sehat rasakan sudah cukup lama.

Bukan hanya enggan berkonsultasi, wanita pun juga sering merasa enggan jika harus membeli obat di apotek terutama jika penyakitnya dianggap “memalukan”. Solusinya, Sobat Sehat bisa memesan obat secara online seperti melalui K24Klik.com.

Dengan begitu, Anda bisa bertanya langsung melalui live chat untuk mengetahui informasi detail mengenai obat yang dibeli. Selain itu, obat akan langsung diantarkan sampai rumah tanpa harus menunggu lama.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *