Kenali Kondisi Kesehatan Melalui Warna Tinja Anda

Published by K24Klik on

bab

Bagi sebagian orang, ritual buang air besar dianggap biasa saja dan tidak terlalu penting, karena dinilai sebagai rutinitas sehari-hari. Namun, pernahkah Anda memperhatikan produk buangan tersebut saat Anda buang air besar? Jangan menganggap remeh perubahan warna pada buang air besar karena bisa jadi pertanda adanya suatu penyakit, meskipun dapat juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang kita makan. Kualitas, kuantitas, dan warna tinja dapat menjadi indikator kesehatan sistem pencernaan.

warna tinja

Berikut beberapa jenis warna tinja yang dapat menjadi indikasi kesehatan tubuh :

1. Tinja Berwarna Hijau

Hal ini mungkin akibat makanan bergerak terlalu cepat di dalam usus besar Anda, misalnya akibat diare. Akibatnya, saluran pencernaan tidak memiliki cukup waktu untuk mengubah warna pigmen cairan empedu di dalam tinja.  Berbagai jenis makanan yang juga dapat membuat tinja berwarna hijau seperti sayuran hijau dan berbagai makanan yang berwarna hijau.

2. Tinja berwarna terang atau putih atau seperti dempul

Bila tinja berwarna terang atau putih atau seperti dempul, maka hal ini mungkin diakibatkan oleh kurangnya cairan empedu di dalam tinja. Hal ini dapat menandakan adanya sumbatan pada saluran empedu. Beberapa jenis obat juga dapat menyebabkan tinja berwarna terang, yaitu penggunaan bismuth subsalisilat dalam dosis besar dan berbagai obat anti diare lainnya.

3. Tinja berwarna kuning

Bila tinja berwarna kuning, maka hal ini dapat disebabkan oleh berlebihannya jumlah lemak di dalam tinja. Hal ini dapat terjadi akibat gangguan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Beberapa hal lain yang dapat menyebabkan perubahan warna tinja ini adalah akibat protein tepung yang terdapat dalam roti dan sereal.

4. Tinja berwarna orange/jingga

Disebabkan oleh efek samping obat-obatan, seperti obat tuberkulosis (rifampisin), konsumsi makanan kaya beta karoten, diantaranya seperti: wortel, labu, mangga, aprikot.

5. Tinja berwarna hitam

Bila tinja berwarna hitam, maka hal ini dapat menandakan adanya perdarahan pada saluran pencernaan bagian atas, yaitu pada lambung. Beberapa hal lain yang juga dapat membuat tinja berwarna hitam adalah suplemen zat besi dan bismuth subsalisilat.

6. Tinja berwarna merah terang

Bila tinja berwarna merah terang, maka hal ini dapat menandakan adanya perdarahan pada saluran pencernaan bagian bawah, yaitu pada usus besar atau rektum (bagian usus besar yang berhubungan dengan anus), atau dapat pula akibat wasir/ambeien. Beberapa hal lain yang juga dapat membuat tinja berwarna merah terang adalah perwarna makanan (merah), bit, cranberry, jus atau sup tomat, gelatin merah, dan berbagai jenis minuman.

Semoga beberapa ulasan di atas bisa membuat kita untuk tidak malu lagi melirik dan memperhatikan feses atau tinja ketika sedang buang air besar. 

Categories:

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *