Share this:

phising_obat24Apakah Phishing itu?

Phishing adalah tindakan dari Pelaku yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password, Kode Token, Kode Aktivasi atau informasi lainnya dengan tujuan mengakses akun Mobile Banking ,Internet Banking, atau akun pembayaran online (paypal, doku wallet, dll) Sobat Sehat semuanya.

Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (memancing), yang dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

 

Bagaimana phishing dilakukan?

Melalui Link via Email

Pelaku mengirimkan sebuah email yang mirip dengan email resmi dari Bank atau akun pembayaran online milik Sobat Sehat, di mana Sobat Sehat diminta untuk meng-klik link yang diberikan dan harus mengisi data pribadi dalam suatu formulir.

Klaim Hadiah

Pelaku mengirimkan informasi melalui email, SMS, telepon, sosial media, dan lain-lain, yang mengatakan bahwa Sobat Sehat mendapatkan hadiah dari suatu institusi. Untuk klaim hadiah tersebut Sobat Sehat dipandu untuk membuka rekening dan/atau  melakukan registrasi internet banking/mobile banking/akun pembayaran online lainnya dan Sobat Sehat harus mengisi data pribadi.

Halaman Situs Palsu

Pelaku mengarahkan Sobat Sehat ke halaman yang mirip dengan situs internet banking atau akun pembayaran online lain yang resmi, dan Sobat Sehat dimintakan untuk mengisi data misalnya User ID, Password, Kode Token, No. Telepon dan data pribadi lainnya.

Cara Menghindari Phishing

  1. Kenali halaman-halaman situs resmi Online Banking, atau akun pembayaran online Sobat Sehat semua, akses langsung hanya menggunakan https ke situs tersebut.
  2. Jangan klik link, baik dari situs, email, SMS maupun media luar lainnya untuk mengakses Situs tersebut dan memperbarui/mengisi data Pribadi Sobat Sehat. Terutama bagi Sobat Sehat yang mengakses email via perangkat mobile (handphone/tablet) karena link yang kita akses pada peramban (browser) perangkat mobile kurang bisa dilihat secara detail link tersebut mengarah kemana.
  3. Jaga kerahasiaan User ID, Password, Kode Token, Kode Aktivasi, dan data pribadi lainnya. Bank atau Penerbit pembayaran online Sobat Sehat tidak pernah meminta data tersebut.
  4. Pastikan kebenaran sumber informasi baik terkait hadiah maupun promosi sebelum memberikan informasi pribadi Sobat Sehat.

Jika Sobat Sehat menerima email/SMS/telepon yang tidak wajar mengatasnamakan Bank atau Penerbit pembayaran online atau Sobat Sehat mengalami hal-hal yang mencurigakan dalam bertransaksi atau terlanjur memberikan data pribadi akun Internet Banking Sobat Sehat, hubungi segera Bank atau Penerbit pembayaran online yang bersangkutan.

Selanjutnya : Contoh Kasus Phising…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *