Tips Sehat Mengatasi Kelelahan Kerja

Published by Dewi Dwiputri on

Kelelahan Kerja, Atasi saja dengan Tips Sehat Berikut!

kelelahan kerja

https://www.menshealth.com

Para workaholic cenderung tidak menyadari bahwa energi semakin lama akan semakin terkuras hingga habis karena bekerja berlebihan. Kelelahan biasanya baru terasa selang beberapa waktu kemudian. Ciri-cirinya adalah tubuh terlihat lebih lunglai dan kurang bersemangat.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan:

Rasa lelah sering kali membuat seseorang tidak dapat tidur nyenyak. Apa lagi jika sebelumnya Anda baru saja begadang menyelesaikan pekerjaan yang mendesak. Oleh karena itu, aturlah kembali jadwal tidur yang selama ini berantakan.

Caranya sederhana, mulailah dengan selalu berusaha tidur pada jam yang sama setiap hari. Tidur dan bangun lebih awal juga lebih disarankan dibandingkan tidur lebih malam dan bangun kesiangan.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Bekerja hingga kelelahan dapat sangat menguras energi. Oleh karena itu, Anda perlu menggantinya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan dalam porsi yang cukup setiap hari.

Beberapa jenis makanan yang dapat membuat energi kembali terisi adalah almond, pisang, oatmeal, dan salmon. Selain itu, mengonsumsi cukup karbohidrat akan membuat Anda lebih bertenaga.

  • Relakskan Tubuh dan Pikiran

kelelahan kerja

http://lafusionspa.com/

Merelakskan tubuh dan pikiran setelah maraton mengerjakan banyak hal adalah sebuah keharusan. Caranya berbeda-beda, tergantung pada kondisi dan situasi. Misalnya, Anda bisa sekadar bersantai di teras rumah sambil menikmati secangkir teh hangat.

Opsi lain, Anda bisa berkunjung ke salon langganan untuk satu jam sesi spa yang menyegarkan. Pijatan dapat membuat kelelahan yang dialami tubuh dapat sedikit berkurang.

  • Hindari Minum Kopi

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah menambah stamina dengan menyeruput secangkir kopi. Zat kafein yang terdapat dalam minuman ini memang dapat membuat semangat kembali naik dan tubuh seolah-olah tak lagi merasa lelah.

Langkah ini keliru karena sebenarnya kelelahan adalah sinyal dari tubuh untuk berhenti beraktivitas sejenak. Jika direspons sebaliknya, masalah kesehatan bisa saja terjadi.

  • Bergerak Ringan

Rasa lelah yang mendera tubuh bukan menjadi alasan untuk tidur sepanjang hari. Justru, Anda harus mencoba untuk bergerak ringan supaya aliran darah berjalan lancar. Dengan demikian, pasokan oksigen dapat menyebar ke seluruh tubuh dan membuat metabolisme tubuh kembali normal.

Salah satu aktivitas yang disarankan bagi Anda adalah berjalan santai. Selain itu, Anda juga dapat mencoba yoga atau olahraga lain yang bersifat menenangkan tubuh.

Sobat Sehat, kelelahan luar biasa yang dibiarkan akan berdampak negatif pada kesehatan. Bukan tidak mungkin, Anda bisa terkapar tanpa daya karena energi benar-benar habis. Supaya tidak berlarut-larut, Anda bisa berkonsultasi secara gratis via live chat di Apotek Online K24Klik. Selain itu, di sini Anda juga dapat meminta saran obat langsung kepada apoteker.

Nah, jangan sampai kelelahan kerja membuat Anda sakit, ya. Segera ubah dan sesuaikan jadwal kerja dengan kemampuan saat ini.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *