Kesemutan Tidak Pernah Absen? Yuk, Cek Penyebabnya

Published by K24Klik on

kesemutan

Kesemutan Tidak Pernah Absen? Yuk, Cek Penyebabnya

kesemutan

Kesemutan atau yang di dalam dunia kedokteran disebut dengan parestesia, umumnya terjadi saat tubuh terbebani, akibatnya terjadi hambatan suplai darah ke saraf yang mengarah pada bagian tubuh tersebut. Gejala yang dirasakan pada keluhan ini dapat berupa rasa tertusuk-tusuk, terbakar, geli, ataupun mati rasa. Dengan menghilangkan tekanan, rasa kesemutan biasanya akan hilang. Namun, pada beberapa kasus kondisi tersebut dapat mengindikasikan suatu penyakit tertentu.

Kondisi Medis yang Mendasari Keluhan Kesemutan :

1. Kecanduan minum beralkohol.

Kadar alkohol di dalam tubuh dapat menimbulkan kerusakan saraf. Hal tersebut diakibatkan oleh kecanduan minuman keras serta defisiensi thiamin dan vitamin penting lainnya yang menyebabkan keluhan ini.

2. Berbagai penyakit sistemik.

Gangguan pada keseimbangan hormon, seperti hipotiroid dan kanker (termasuk tumor jinak) yang bersarang pada saraf bisa menjadi faktor-faktor penyebab. Selain itu, sebagian penyakit sistemik yang bisa menyebabkan parestesia kronis adalah gangguan ginjal, penyakit hati, dan berbagai penyakit darah.

3. Sindrome saraf kejepit.

Beberapa kondisi medis yang dikategorikan sindrom ini, antara lain sindrom terowongan karpal (Carpal Tunnel Syndrome (CTS), kelumpuhan saraf radialis, kelumpuhan saraf ulnaris, dan kelumpuhan saraf peroneus.

4. Kekurangan atau kelebihan vitamin.

Untuk membantu menjaga fungsi dan kesehatan saraf, tubuh membutuhkan vitamin E, B1, B3 (niacin), B6, dan B12. Kekurangan vitamin tersebut dapat mengakibatkan salah satu penyebab neuropati perifer. Sementara itu, kelebihan vitamin B6 juga bisa menyebabkan kesemutan di kaki atau tangan.

5. Keracunan.

Keracunan logam berat, seperti timbal, merkuri, talium, arsen, dan beberapa bahan kimia industri lainya bisa mengakibatkan hal tersebut. Pemberian sebagian jenis antivirus dan antibiotik serta obat-obatan kemoterapi untuk kanker juga bisa menyebabkan kesemutan kronis.

6. Diabetes melitus.

Sekitar 3 dari 10 orang yang menderita kesemutan, biasanya dikarenakan diabetes yang biasa disebut neuropati diabetes. Para penderitanya akan mengalami mati rasa yang diikuti rasa sakit yang menusuk dan panas pada anggota tubuh yang mati rasa. Sering kali terjadi pada kedua kaki dan naik ke lengan.

Sobat sehat, jangan anggap remeh jika kaki kesemutan lebih sering dari biasanya dan segera konsultasikan ke dokter untuk diketahui penyebabnya. Untuk mengurangi gejala kesemutan tersebut, #sobatsehat dapat menggunakan produk Neurobion dan Neurobion Forte.

Suplemen untuk Mengatasi Kesemutan

Neurobion adalah salah satu merek suplemen yang mengandung vitamin B kompleks yang terdiri dari vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12. Vitamin B kompleks ini dikenal sebagai vitamin neurotropik (nutrisi sel saraf) sehingga digunakan untuk melindungi dan menjaga kenormalan fungsi saraf. Oleh karena itu, obat ini digunakan untuk meredakan kebas dan kesemutan, serta berbagai kegunaan lainnya.

Neurobion Tablet Putih

Indikasi:

untuk pencegahan dan pengobatan penyakit karena kekurangan vitamin b1,b6,b12 seperti beri-beri, neuritis perifer, neuralgia

Dosis:

1 tablet perhari diminum sesudah makan

Perhatian:

hipersensitif

Kemasan:

10 tablet/ strip

Komposisi:

Vitamin B1 100mg, Vitamin B6 200, Vitamin B12 200 mcg.

Neurobion Forte (Tablet Merah Muda)

Indikasi:

Pencegahan dan pengobatan penyakit karena kekurangan Vitamin B1, B6, B12 seperti beri-beri, neuritis perifer, neuralgia

Dosis:

1 tablet perhari diminum sesudah makan

Perhatian:

Hipersensitif

Kemasan:

10 tablet/ strip

Komposisi:

Vitamin B1 100mg, Vitamin B6 100, Vitamin B12 5000mcg.

Dapatkan harga khusus untuk setiap pembelian 3 strip Neurobion atau Neurobion Forte tablet. PESAN SEKARANG

(Dew/Win)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *