Share this:

Jenis Kanker Tulang yang Patut Diwaspadai

jenis kanker tulang
http://healthmag.gr/

Kanker tulang merupakan penyakit berbahaya yang patut untuk diwaspadai. Menurut proses pembentukan sel kanker, penyakit ini terbagi menjadi dua jenis, yakni kanker tulang primer dan sekunder.

Adapun jenis kanker tulang yang paling berbahaya adalah kanker primer karena dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan kematian. Meski demikian, kanker ini sangat jarang terjadi.

Jenis Kanker Tulang, Kanker Tulang Primer

Kanker tulang primer adalah tumor ganas yang muncul dari sel-sel pembentuk tulang tubuh dan menghancurkan jaringan tulang normal. Jenis kanker ini terbagi menjadi tiga, yaitu osteosarcoma, chondrosarcoma, dan ewing sarcoma.

  • Osterosarcoma

Osterosarcoma merupakan kanker tulang yang kerap dialami oleh anak-anak dan remaja di bawah usia dua puluh tahun. Tulang lutut, tulang paha, dan tulang kering adalah bagian tubuh yang sering terjangkit. Namun, tidak menutup kemungkinan menyerang bagian tulang panggul, tulang bahu, dan tulang rahang. Ketimbang wanita, kanker ini lebih sering diidap oleh pria.

  • Chondrosarcoma

Bisa dibilang, Chondrosarcoma adalah kanker tulang yang paling sering dijumpai. Kanker tulang ini menyerang lansia, di atas umur empat puluh tahun. Sebagian kecil kasus chondrosarcoma terjadi pada remaja dengan usia kurang dari dua puluh tahun. Penyakit kanker tulang ini cenderung agresif. Bagian tubuh yang diserang adalah tulang pinggul dan pangkal paha.

  • Ewing Sarcoma

Dibanding jenis kanker tulang lainnya, ewing sarcoma paling agresif, pertumbuhannya pun tergolong cepat. Penyakit kanker ini menyerang anak-anak usia antara empat hingga lima belas tahun di jaringan lunak dan tulang, yaitu pinggul dan pangkal paha.

Jenis Kanker Tulang, Kanker Tulang Sekunder

jenis kanker tulang
https://www.justdial.com

Kanker tulang sekunder atau metastasis disebabkan oleh sel-sel kanker yang asalnya dari organ lain kemudian menyebar ke tulang.

  • Fibroma Nonosifikasi

Fibroma nonosifikasi atau gangguan korteks fibrosa menyerang balita dan anak-anak pada bagian tulang yang baru tumbuh dan belum mengalami proses pematangan (osifikasi). Kanker tulang jinak ini jarang terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala apapun.

  • Displasia Fibrosa

Dispalasia fibrosa merupakan gangguan yang terjadi pada pertumbuhan tulang trabecular. Biasanya terjadi monostotic (satu tulang), polystotic (banyak tulang), dan monomerlic (satu tungkai).

  • Osteroid Osteoma

Umumnya, osteroid osteoma dapat menyerang semua tulang, kecuali bagian tulang tengkorak. Penyakit ini diidap oleh kaum pria dengan umur di bawah tiga puluh tahun.

  • Osteoblastoma

Kanker tulang jenis ini biasanya ditemukan pada pria dewasa dengan rentang usia antara dua puluh hingga empat puluh tahun. Osteoblastoma menyebabkan rasa nyeri dan pengerasan otot di bagian tulang belakang dan tulang pipih.

  • Chondroma

Chondroma menyerang tulang rawan, utamanya tulang pada jari tangan. Kanker ini dapat dialama siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada orang berusia muda.

  • Osteokondroma

Osteokondroma kerap ditemukan di bagian tulang panjang dan pinggul. Jika penyakit ini disertai dengan penambahan panjang tulang maka patut dicurigai adanya kanker tulang ganas.

Itulah beberapa jenis kanker tulang yang perlu untuk diketahui. Apabila Sobat Sehat mengalami keluhan, silakan berkonsultasi langsung dengan apoteker kami via live chat. Sobat Sehat juga dapat berbelanja produk kesehatan selama 24 jam hanya di K24Klik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *