Jaga Mata! Begini Cara Gunakan Soflens dan Obat Tetes Mata yang Benar

Published by K24Klik on

jaga mata

Jaga Mata! Begini Cara Gunakan Soflens dan Obat Tetes Mata yang Benar

Softlens menjadi pilihan bagi sobat sehat yang memiliki masalah pada penglihatan namun enggan menggunakan kaca mata. Meski softlens dapat memberikan tampilan mata yang menarik, beragam bahaya mengintai jika softlens tidak digunakan dengan benar.

jaga mata

Jaga Mata, Berikut Cara Menggunakan Softlens agar Tidak Membahayakan Mata:

1. Ikuti instruksi yang tertera pada kemasan atau sesuai dengan petunjuk dokter.

2. Cegah menumpuknya bakteri pada softlens pakai-ulang. Caranya, rendam softlens dalam larutan yang sudah dituangkan ke dalam tempat penyimpanan softlens selama beberapa saat. Ganti larutan ini setiap kali selesai menggunakannya atau jika ingin menyimpan softlens kembali. Jangan gunakan kembali larutan yang sudah digunakan.

3. Rajin membersihkan tempat penyimpanan softlens. Cuci tempat softlens seminggu sekali dengan larutan untuk softlens dan gosok dengan sikat gigi. Selain dibilas dan dicuci tempat softlens harus diganti sebulan sekali.

4. Jangan gunakan softlens saat tidur. Penggunaan softlens saat tidur dapat meningkatkan risiko munculnya keratitis yaitu peradangan pada kornea yang dapat menyebabkan kebutaan.

Selain beberapa hal diatas, sobat sehat juga harus menjaga kebersihan tangan saat menyentuh softlens.

Jaga Mata, Berikut Cara Menggunakan Tetes Mata yang Benar

Saat sobat sehat mengalami gangguan mata, obat mata menjadi solusinya. Namun apakah cara penggunaan obat mata tersebut sudah tepat?

Yuk, simak langkah-langkanya berikut:

1. Cek botol kemasan obat tetes mata yang akan digunakan. Kemasan botol harus dalam keadaan tertutup rapat sehingga masih steril ketika digunakan.

2. Cuci tangan hingga bersih sebelum menggunakan obat tetes mata.

3. Dongakkan wajah, kemudian tarik kelopak mata bagian bawah dengan perlahan.

4. Tekan kemasan obat tetes mata ke kelopak mata bagian bawah. Kemudian, kedipkan mata agar obat tetes mata menyebar ke seluruh bagian mata.
5. Jangan sampai ujung botol atau kemasan obat tetes mata menyentuh permukaan mata. Hal ini perlu diperhatikan untuk mencegah masuknya bakteri.

6. Jika perlu menggunakan beberapa jenis obat tetes mata, beri jeda waktu lima menit.

7. Lihat label kemasan untuk dosis penggunan serta masa pakainya. Jika obat mata diperoleh dari resep dokter, mintalah penjelasan mengenai dosis, cara penggunaan serta cara pengimpanan obat tetes mata pada Apoteker.

Nah sobat sehat, yukk, jaga mata! Gunakan softlens serta obat tetes mata dengan benar, ya! Agar tidak menimbulkan bahaya bagi mata kita. (Dewi/Devie)

Sumber : Dari berbagai sumber.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *