Share this:
Jadwal Imunisasi
https://www.freepik.com

Jadwal imunisasi merupakan upaya yang dilakukan dan diprogramkan oleh pemerintah untuk menghindarkan bayi dan anak dari penyakit berbahaya. Dalam Pekan Imunisasi Dunia ini, mari ketahui lebih lanjut mengenai imunisasi serta jadwal pemberian imunisasi yang tepat bagi si kecil.

Pengertian Imunisasi dan Vaksinasi

Imunisasi adalah proses dalam tubuh terhadap suatu penyakit. Imunisasi terbagi menjadi dua yakni imunisasi aktif dan imunisasi pasif. Vaksinasi sendiri adalah pemberian vaksin dengan disuntikkan ataupun diteteskan ke dalam mulut untuk meningkatkan produksi antibodi guna menangkal penyakit tertentu.

Vaksinasi tersebut termasuk ke dalam imunisasi aktif yakni sebagai upaya memicu tubuh mengeluarkan antibodi terhadap penyakit tertentu. Sedangkan imunisasi pasif yakni pemberian antibodi seperti suntikan imunoglobulin. Karena hanya diberikan saat dibutuhkan, umumnya imunisasi pasif hanya bertahan dalam hitungan minggu hingga bulanan. Berbeda dengan imunisasi aktif yang dapat bertahan lebih lama untuk jangka panjang hingga seumur hidup.

Jadwal Imunisasi pada Si Kecil

Imunisasi dasar pada bayi
https://www.pexels.com

Beberapa vaksin yang diberikan untuk si kecil, cukup diberikan sekali seumur hidup, tetapi beberapa lainnya harus diulang secara periode tertentu. Hal ini dikarenakan agar tubuh terus mendapatkan perlindungan. Ini sebabnya kamu harus menaati jadwal imunisasi keluarga.

Berikut jenis imunisasi bagi bayi di bawah 1 tahun yang tergabung dalam program pemerintah di Indonesia :

  • Usia 0 bulan: BCG, HB-0, Polio-0
  • Pada usia 2 bulan: DPT/HB/Hib-1, Polio-1
  • Saat usia 3 bulan: DPT/HB/Hib-2, Polio-2
  • Usia 4 bulan: DPT/HB/Hib-3, Polio-3
  • Usia 9 bulan: Campak

Imunisasi dasar dapat dipenuhi pada usia 1-4 tahun. Kemudian dilakukan imunisasi ulangan untuk memperpanjang masa kekebalan imunisasi dasar. Beberapa diulang pada usia 5-12 tahun, sedangkan vaksinasi pada usia 13-18 tahun umumnya digunakan untuk imunisasi tambahan.

Sobat Sehat, pemberian vaksin tepat waktu sangat penting dilakukan. Oleh karenanya, yuk, tepati jadwal imunisasi. Namun, apabila terlupa atau terlambat segera kunjungi dokter untuk menjadwalkan ulang pemberian vaksin tersebut. Jika anak mengalami demam setelah pemberian vaksin, berikan obat penurun demam yang dapat dipesan di Apotek Online K24Klik.

Sumber : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *