Share this:
pedoman gizi seimbang
https://www.pexels.com

Hari Anak Nasional, Begini Pedoman Gizi yang Tepat untuk Anak

Di Hari Anak Nasional ini mari cek Pedoman Gizi Seimbang yang dicanangkan Kementrian Kesehatan RI. Dengan mengikuti pedoman tersebut, diharapkan anak-anak Indonesia terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh malnutrisi. Berikut aturan pemenuhan gizi pada masing-masing usia anak:

1. Kebutuhan gizi anak usia 0-6 bulan

ASI merupakan makanan utama anak pada masa awal kehidupannya. Usahakan berikan ASI eksklusif selama 6 bulan penuh. Ini berarti, semua kebutuhan energi dan gizi anak hanya diperoleh dari ASI dan tidak diberikan makanan maupun minuman lainnya.

2. Kebutuhan gizi anak usia 6-24 bulan

Tetap berikan ASI pada anak hingga usia 2 tahun. Selain untuk mempererat hubungan emosional ibu dengan anak, pemberian ASI dalam jangka panjang juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak hingga dewasa.

Pada masa ini, anak sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI). MP-ASI diberikan secara bertahap sesuai usia anak, mulai dari makanan dalam bentuk lunak seperti bubur susu.

Seiring bertambahnya usia Sobat Sehat dapat memberikan makanan pendamping dengan tekstur yang lebih padat seperti bubur tim. Pada usia 1 tahun, anak sudah mulai diperkenalkan dengan makanan padat yang biasa dikonsumsi oleh anggota keluarga lainnya.

Ini ciri-ciri MP-ASI yang dapat dikatakan baik:

  • Padat energi, protein, dan zat gizi yang tidak terlalu banyak terkandung di ASI
  • Tidak berbumbu tajam, menggunakan, garam, gula, penyedap rasa, pewarna dan pengawet secukupnya.
  • Mudah ditelan dan disukai oleh anak.

Pemberian makan pada usia ini mempengaruhi selera makan anak di kemudian hari. Oleh karenanya, kenalkan aneka macam makanan pada anak, agar anak terbiasa. Baik dari sumber protein, karbohidrat, lemak, serat dan sebagainya.

3. Kebutuhan gizi anak usia 2-5 tahun

Hari Anak Nasional
https://www.pexels.com

Kebutuhan nutrisi anak pada usia ini cenderung meningkat karena anak sedang dalam masa pertumbuhan yang disertai dengan aktivitas harian yang padat. Memberikan makan pada anak usia ini membutuhkan kesabaran yang cukup.

Anak pada usia ini sudah mengenal berbagai camilan dan jajanan, sehingga mereka memiliki anggapan tersendiri tentang makanan yang disukainya atau tidak. Perhatian khusus dibutuhkan untuk terus menjaga asupan makanan agar tetap bergizi seimbang.

Beberapa anjuran pemenuhan gizi untuk anak usia 2-5 tahun:

  • Biasakan makan 3 kali sehari (pagi, siang dan malam)
  • Perbanyak makan makanan sumber protein dan lemak, seperti ikan, karena kaya akan omega 3, DHA serta EPA.
  • Perbanyak makan sayur dan buah-buahan.
  • Batasi makanan cemilan yang terlalu manis, asin, dan berlemak.
  • Penuhi kebutuhan cairan.
  • Ajak si kecil main di luar supaya tetap aktif.

4. Kebutuhan gizi anak usia 6-18 tahun

Anak usia 6-18 tahun memiliki kebutuhan nutrisi yang semakin meningkat dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan anak masih dalam masa tumbuh kembang dan mengalami pubertas.

Di bawah ini beberapa anjuran pemenuhan gizi untuk anak usia 6-18 tahun:

  • Makan sebanyak 3 kali sehari (pagi, siang dan malam)
  • Mengkonsumsi ikan serta sumber protein lainnya secara rutin. Anjuran asupan protein hewani harian sebanyak 30 persen, sementara protein nabati 70 persen.
  • Perbanyak makan sayur dan buah-buahan.
  • Batasi makan makanan cepat saji, jajanan, serta camilan yang manis, asin, dan berlemak.
  • Rutin menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari, yakni setelah makan pagi dan sebelum tidur.

Saat berusia 17-18 tahun, asupan gizi harus tetap diperhatikan. Karena saat ini sang remaja mulai memasuki masa pubertas di mana pertumbuhan fisik dan psikisnya mulai matang untuk mempersiapkan perubahan di usia dewasa.

Hari Anak Nasional, Beragam Nutrisi yang Wajib bagi Anak

Nutrisi anak
https://www.freepik.com

Dengan mengetahui berbagai asupan yang diperlukan pada masing-masing usia, jangan lupa untuk memenuhi berbagai asupan tersebut dalam makanan si kecil ya, Sobat Sehat!

Nutrisi hari anak nasional terbagi menjadi dua jenis, yakni makronutrisi dan mikronutrisi. Makronutrisi yang penting ada pada makanan anak adalah:

Protein

Protein merupakan zat utama penyusun sel dalam tubuh manusia. Tak heran zat ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Pilihan makanan yang mengandung protein diantaranya adalah, susu, telur, makanan laut, dan daging. Bukan hanya dari hewan saja, protein juga dapat diperoleh dari tumbuhan seperti kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian.

Karbohidrat

Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh anak untuk menunjang aktivitas anak. Nutrisi ini juga membantu protein dan lemak untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Sumber karbohidrat yang bisa didapat yakni dari beras, sereal, roti, kentang dan pasta.

Lemak

Lemak penting untuk anak
https://www.pexels.com

Sumber energi lain yang mudah disimpan dalam tubuh yakni lemak. Sumber lemak yang bisa disajikan untuk anak yakni susu, ikan, daging merah, dan kacang-kacangan.

Untuk mikronutrisi yang harus ada pada resep makanan anak adalah:

Vitamin

Nutrisi seperti vitamin memiliki peran yang sangat vital bagi perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Vitamin A berguna untuk menunjang kesehatan mata, kulit, dan mencegah infeksi. Vitamin A juga dapat diperoleh dari wortel, labu, bayam, ubi jalar, brokoli, minyak ikan, kuning telur dan kubis. Selain vitamin A, vitamin C juga dibutuhkan oleh anak. Berperan dalam melawan flu, memperkuat dinding pembuluh darah, membantu proses penyembuhan luka, dan memperkuat tulang dan gigi. Acidum Ascorbicum (vitamin C) banyak terkandung di dalam jeruk, stroberi, tomat, pepaya, mangga, kembang kol, brokoli, kentang, melon dan bayam.

Serat

Sangat dibutuhkan untuk kesehatan pencernaan anak, serat banyak terkandung pada sereal, buah-buahan dan sayur-sayuran. Meski anak jarang menyukai sayuran, Sobat Sehat dapat menyiasatinya dengan memasukkan sayuran ke berbagai resep makanan anak yang menarik.

Kalsium

Untuk mendukung pertumbuhannya, anak butuh asupan kalsium yang cukup. Zat yang satu ini sangat penting untuk memperkuat tulang dan gigi. Beberapa bahan makanan yang kaya kalsium yakni susu dan produk olahan susu, seperti keju, dan yoghurt. Selain itu, sayur-sayuran juga bisa menjadi sumber kalsium yang diprioritaskan.

Antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan diantaranya adalah kacang almond, jeruk, bayam, tomat, wortel, buah peri dan paprika. Beberapa makanan ini dapat memperkuat imunitas tubuh dalam menghadapi ancaman serangan penyakit dari luar. Oleh karenanya, pastikan anak selalu mendapatkan asupan antioksidan disetiap menu makannya ya, Sobat Sehat!

Zat besi

Zat besi memiliki peran penting dalam membawa oksigen di dalam tubuh sehingga semangat anak-anak tetap terjaga. Beberapa makanan yang mengandung zat besi bisa didapat pada daging tanpa lemak, ikan, sayuran berwaarna hijau gelap, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Tambahkan juga makanan yang mengandung vitamin C agar penyerapan zat besi lebih baik.

Gizi lain yang wajib hadir di piring makan si kecil yakni asam folat. Senyawa ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak. Kekurangan asam folat berisiko menderita anemia. Asam folat bisa didapat di asparagus, bayam, sereal, biji-bijian utuh, buncis, lentil, kacang hijau dan kubis.

Asupan lainnya yang tak kalah penting yakni air. Air merupakan komponen cairan dalam tubuh yang berfungsi mendistribusikan nutrisi ke sel dan membuang kotoran melalui urine.

Produk Nutrisi Tepat untuk Anak di Masa Pertumbuhannya

hari anak nasional

Apakah Sobat Sehat mengalami kesulitan dalam memberikan asupan gizi seimbang untuk anak di hari anak nasional? Tak usah khawatir, ya!

Salah satu produk nutrisi hari anak nasional yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan anak adalah Entrakid. Entrakid merupakan makanan cair berupa susu anak yang mengandung gizi lengkap dan seimbang dengan Formula Enteral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak terutama yang memiliki masalah makan pada usia 1-5 tahun di masa pertumbuhannya. Susu Entrakid juga mengandung makro dan mikro nutrisi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Beberapa keunggulan produk Entrakid adalah:

  1. Formula Enteral : Kandungan makronutrient dengan komposisi Karbohidrat, Protein dan Lemak yang seimbang (Karbohidrat 56%, Protein 12% dan Lemak 31%) 
  2. DHA, Omega 3 dan Omega 6 dari sumber nabati murni 
  3. Vitamin dan mineral penting 
  4. Mengandung serat pangan (Inulin)
  5. Sumber Protein Whey 
  6. Rasa yang enak disukai Anak-anak.

Nah Sobat Sehat, di Hari Anak Nasional ini, yuk berikan nutrisi baik seperti Entrakid untuk si kecil. Beli Entrakid di K24Klik.com sekarang dan gunakan juga kode voucher “KLIKSERU” untuk mendapatkan diskon 20% tanpa minimal pembelian. Sstt, promo ini hanya berlaku hingga 31 Juli 2019 loh!

Sumber : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *