Share this:

Mengenal Jenis Garam hingga Garam untuk Penderita Hipertensi

garam untuk penderita hipertensi
https://www.pexels.com

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi memang sebaiknya tidak mengkonsumsi garam secara berlebihan. Dokter umumnya akan menyarankan untuk diet rendah garam agar tidak terjadi lonjakan tekanan darah yang dapat memperparah keadaan.

Namun, bagi sebagian penderita, diet garam sangat menyiksa karena dapat mengurangi kenikmatan saat menyantap makanan. Yuk mengenal jenis garam hingga garam untuk penderita hipertensi!

Ada beberapa jenis garam yang dapat Sobat Sehat gunakan pada masakan:

1. Garam Meja

Mengandung natrium klorida murni 97% atau lebih tinggi, garam ini sudah melewati pengolahan sehingga memiliki tekstur yang sangat halus serta diperkaya dengan yodium. Garam ini merupakan garam yang sering digunakan saat memasak.

2. Garam Laut

Terbuat dari air laut yang diuapkan, garam laut juga mengandung natrium klorida alami seperti garam meja, tetapi dengan sedikit mineral. Mineral yang terkandung dalam garam laut yakni kalium, zat besi dan seng.

Namun, garam ini memiliki kelemahan yakni rentan tercemar logam akibat pencemaran laut hingga rasa yang berbeda dengan garam meja karena kotoran dan mineral yang terkandung pada air laut.

3. Garam Himalaya

garam himalaya (himsalt)
https://www.webmd.com

Pemberi rasa asin ini berasal dari Pakistan, bukan dari Himalaya seperti pada namanya. Garam ini berwarna merah muda yang berasal dari kandungan zat besi pada garam tersebut. Garam ini mengandung natrium yang lebih rendah dari garam meja serta memiliki 84 mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Karena kandunganya tersebut, garam ini dapat membantu mengurangi kram otot, menjaga kesehatan gula darah serta menjaga kesehatan asam-basa dalam sel.

4. Garam Kosher

Memiliki tekstur yang lebih kasar seperti kristal, garam ini tidak mengandung agen anti-caking sehingga lebih mudah menggumpal serta tidak mengandung yodium. Meski demikian, garam ini memiliki rasa lebih ringan dari garam meja.

5. Garam Celtic

Warna dari garam ini adalah abu-abu, sebagian orang biasa menyebutnya dengan grey salt. Mengandung sejumlah mineral, tetapi rendah akan kandungan natrium dibandingkan garam meja. Memiliki sifat basa sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencegah kram otot.

6. Garam untuk Penderita Hipertensi (Garam Rendah Natrium)

Jika Sobat Sehat merupakan penderita hipertensi yang sulit makan jika tidak menggunakan garam, mungkin garam ini dapat digunakan sebagai alternatif. Garam rendah natrium mengandung kalium sebagai pengganti natrium agar tidak terjadi peningkatan tekanan darah ketika dikonsumsi.

Karena mengandung kalium klorid yang tinggi, garam ini tidak dianjurkan digunakan oleh penderita gagal ginjal atau sedang dalam pengobatan jantung, ginjal dan hati. Konsultasi dengan dokter dibutuhkan untuk penggunaan garam yang tepat.

Nah Sobat sehat, itu tadi beberapa jenis garam serta garam untuk penderita hipertensi. Sobat Sehat juga dapat menggunakan rempah-rempah seperti bubuk bawang putih, jus lemon, pala, kayu manis, dan lada untuk memberikan aroma dan rasa yang nikmat pada makanan tanpa penggunaan garam rendah natrium agar tekanan darah tetap terjaga.

Sumber : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *