Gangguan Pusing Pasca Gempa Bumi di Lombok

Published by Dewi Dwiputri on

Gangguan Pusing Pasca Gempa Bumi di Lombok

Gangguan Pusing Pasca Gempa Bumi

https://www.freepik.com

Minggu (05/08/2018) pukul 18.46 WIB, gempa berkekuatan 7 SR mengguncang Nusa Tenggara Barat. Gempa bumi tersebut terasa sampai ke Bali dan Nusa Tenggara Timur. Hingga Selasa (07/08) tercatat sudah 105 orang meninggal dunia serta 236 orang luka-luka. Beberapa pengungsi yang selamat pun mengeluh merasa pusing setelah gempa berlangsung.

Gangguan Pusing Pasca Gempa Bumi

Gangguan pusing pasca gempa bumi sebenarnya wajar terjadi. Namun bila rasa pusing tak kunjung menghilang Sobat Sehat perlu waspada. Dalam ilmu medis keluhan pusing yang menyerang pasca gempa disebut dengan post earthquake dizziness syndrome (PEDS), yaitu  sindrom pusing setelah gempa yang membuat seseorang mengalami gangguan keseimbangan pada tubuhnya. Seringkali pusing ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama meski kondisi tanah sudah tidak lagi bergoyang.

Ketika mengalami gempa bumi, selama sesaat otak akan ikut terguncang sehingga keseimbangan pun ikut terganggu. Selain pada otak, keseimbangan juga diatur oleh telinga bagian dalam. Bila telinga mengalami goncangan, maka Sobat Sehat  akan merasakan pusing dan kehilangan keseimbangan.

 

Gangguan Pusing Pasca Gempa Bumi

https://www.freepik.com

Penyebab Gangguan Pusing Pasca Gempa Bumi

Beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan pusing pasca gempa bumi adalah sebagai berikut:

  1. Adanya tekanan psikologis yang menyebabkan gangguan keseimbangan.
  2. Paparan berulang dari gempa susulan atau guncangan fisik, sehingga dapat mengganggu fungsi sistem saluran semisirkularis (organ keseimbangan yang memberikan respons terhadap pemutaran tubuh).
  3. Earthquake phobia atau ketakutan berlebihan pada gempa bumi
  4. Stress atau kekhawatiran berlebihan, khususnya pada gempa susulan yang bisa saja bisa lebih besar sehingga akhirnya memicu sensasi pusing.

Kondisi pusing seperti ini mirip layaknya kita mengalami pusing saat berada di dalam kendaraan atau disebut sebagai motion sickness. Seseorang merasakan adanya sensasi bergerak yang dirasakan otak, namun mata tidak menangkap sensasi bergerak tersebut sama sekali.

Jika gangguan pusing pasca gempa bumi tak kunjung menghilang, Sobat Sehat dapat berkonsultasi dengan Health Consultant kami untuk pertolongan pertama yang dapat dilakukan serta memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter agar mendapatkan solusi medis yang tepat.

Categories: Info Kesehatan

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *