Share this:

Gangguan Makan Sabun, Gangguan Makan Jenis Apa?

gangguan makan sabun
https://www.freepik.com

Wanita makan sabun baru-baru ini menghebohkan jagat maya. Selayaknya makan es krim, wanita ini terlihat sangat menikmati menjilat busa sabun mandi dengan berbagai merk. Apa sebenarnya yang dialami wanita ini? Untuk tahu jawabannya baca artikel ini hingga usai ya, Sobat Sehat!

Wanita Makan Sabun, Gangguan Makankah?

Gangguan makan merupakan sikap berbeda yang menyebabkan seseorang merubah perilaku dan kebiasaan makannya. Hal ini tentu berdampak buruk pada kesehatan. Ini juga dapat mengganggu fungsi jantung, sistem pencernaan, tulang, gigi dan mulut. Kondisi ini juga menimbulkan komplikasi serius hingga mengancam nyawa.

Gangguan Makan Sabun, Pemakan Segala (Pica)

Terdapat beberapa jenis gangguan makan, yakni anoreksia nervosa, bulimia nervosa, gangguan makan berlebih dan gangguan makan lainnya. Untuk kasus pada wanita ini, termasuk ke dalam gangguan makan lainnya yaitu pemakan segala (pica).

Pica merupakan kebiasaan mengkonsumsi bahan yang bukan makanan, seperti sabun, kain, serbuk bedak, atau tanah. Kebiasaan memakan segala ini dapat menyebabakan komplikasi medis, antara lain keracunan, masalah pada usus hingga infeksi. Biasanya gangguan ini sering muncul bersama gangguan lain, seperti autisme spektrum atau keterbelakangan mental.

Penyebab Gangguan Makan secara Umum

gangguan makan
https://www.pexels.com

Umumnya ganguan makan dapat terjadi karena banyak hal, seperti :

  • Tekanan kelompok dan pandangan orang yang dapat memicu keinginan untuk berusaha keras memiliki tubuh langsing.
  • Memiliki gen yang dapat memicu perkembangan gangguan makan.
  • Memiliki masalah emosi dan psikologi, seperti kepercayaan diri rendah, perfeksionis, sikap implusif atau hubungan yang terganggu dengan anggota keluarga atau teman. Dapat pula dipicu oleh keadaan yang sarat tekanan dan pengalaman buruk (pelecehan seksual, intimidasi, atau kehilangan orang dekat).

Pengobatan pada Gangguan Makan

Pengobatan gangguan makan dapat dilakukan oleh tim yang meliputi dokter, psikologi atau psikiater, ahli gizi dan semua yang berpengalaman dalam gangguan makan. Psikoterapi atau terapi bicara merupakan pengobatan yang utama, seperti terapi :

  • Kognitif yakni terapi yang akan mengubah pandangan seseorang saat menghadapi sebuah situasi,┬átermasuk mencari penyelesaian masalah dan cara sehat mengatasi tekanan sehingga pada akhirnya dapat mengubah sikap seseorang menjadi lebih baik.
  • Interpersonal yaitu memfokuskan pada masalah yang berkaitan antara hubungannya dengan orang lain,┬áterapi keluarga yang melibatkan seluruh keluarga untuk membahas gangguan yang dialami penderita, hubungan di antara mereka dan pengaruh gangguan ini terhadap keluarga.
  • Pola makan ialah terapi untuk membantu seseorang memperoleh kembali dan mempertahankan pola makan yang sehat.

Pemberian obat-obatan bisa dipertimbangkan untuk membantu mengendalikan keinginan makan banyak, muntah, atau kecemasan berlebihan yang menyangkut pola makan dan makanan.

Nah Sobat Sehat, kebiasaan wanita makan sabun ini merupakan gangguan makan sabun yang tidak boleh ditiru. Dukungan dari keluarga dan teman sangatlah penting untuk keberhasilan pengobatan pada penderita gangguan makan.

 

Sumber : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *