Gadget, Si Ponsel Pintar Ternyata dapat Timbulkan Gangguan Mental

Published by Dewi Dwiputri on

Efek Buruk Penggunaan Gadget, Gangguan Fisik hingga Mental

gadget, smartphone

www.freepik.com

Gadget sudah menjadi kebutuhan masyarakat millenial saat ini. Banyak kemudahan yang didapat dengan menggunakan benda yang satu ini. Namun dibalik itu semua, ternyata gadget justru dapat menimbulkan ketergantungan yang dapat membahayakan kesehatan baik fisik maupun mental. Mau tahu apa saja bahayanya? Simak uraian berikut yuk!

Efek Buruk Penggunaan Gadget

Sobat Sehat bagi kamu yang sudah mulai mengalami kecanduan gadget, sebaiknya segeralah untuk berhenti agar dapat terhidar dari efek buruk penggunaan gadget berikut:

Efek penurunan fungsi organ

Kondisi ini dapat dirasakan secara langsung pada:

  • Mata, meliputi kualitas penglihatan memudar, mata lelah dan ketegangan pada mata, serta rasa panas dan gatal pada mata.
  • Nyeri pada leher karena terlalu lama menatap layar ponsel.
  • Penurunan daya konsentrasi sehingga terjadi kecelakaan.

Efek psikologis

Masalah utama yang paling sering terjadi yakni kurangnya waktu tidur. Menunda-nunda waktu tidur untuk tetap bermain gadget sehingga kamu akan mengalami kelelahan dan gangguan tidur serta menurunnya kualitas tidur karena efek paparan cahaya terang dari ponsel.

Gangguan mental akibat kecanduan Gadget akut

Tak hanya mengalami gangguan tidur, pada keadaan kecanduang gadget akut dapat menyebabkan gangguan mental. Ada 3 jenis gangguan mental yang dapat terjadi saat kamu mengalami kecanduan akut pada benda yang satu ini.

1. Gelisah ketika ponsel low bat atau Low bat anxiety

efek buruk penggunaan gadget

https://www.freepik.com

Sebuah survei yang dilakukan perusahaan LG menyatakan 90 persen dari 2000 orang mengalami hal ini. Survei tersebut menemukan bahwa baterai yang low bat memberikan ancaman tersendiri  bagi mereka yang kecanduang ponsel. Mereka juga akan mengalami serangan panik saat baterai ponsel menunjukkan angka kritis.

2. Phantom vibration syndrome

Gangguan mental ini juga bisa disebut dengan nama RingxeityRingxeity dapat dirasakan saat tubuhmu gatal dan butuh untuk digaruk, namun kamu malah akan sibuk untuk mencari ponsel dan berusaha untuk meraihnya. Tanpa disadari, apa yang kamu pikir adalah getaran notifikasi, namun itu semua hanya perasaanmu saja.

3. Nomophobia

Nomophobia merupakan gangguan mental dimana seseorang akan merasa terganggu atau gelisah ketika ponsel tidak berada di dekatnya. Apakah kamu sering merasakannya? Bisa jadi kamu adalah seorang Nomophobia.

4. Autis dengan Lingkungan Sekitar

Kehadiran ponsel pintar membuat sebagian besar orang justru autis bermain gadget-nya dibanding menyimak obrolan lawan bicara dengan seksama, sehingga terkadang niatan berkumpul bersama untuk melepas kangen jadi sia-sia. Yuk Sobat Sehat, simpan gadget mu dan mulailah berbicara agar istilah “Gadget mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat” berganti menjadi ” Gadget mendekatkan yang jauh, mendekatkan yang dekat”.

Tips Kurangi Ketergantungan terhadap Gadget

Apabila kamu termasuk salah satu orang yang mengalami kecanduan pada ponsel pintar, yuk ikuti tips berikut:

  • Hindari menggunakan gatget saat sedang berjalan atau sedang menyetir kendaraan bermotor.
  • Atur waktu penggunaan gadget serta batasi penggunaanya.
  • Tidak menggunakan gadget saat sedang makan malam bersama, pada cara keluarga serta saat sedang liburan bersama.
  • Tentukan area bebas gadget. Hindari penggunaan ketika berada di kamar mandi, dapur dan kamar tidur.

Nah Sobat Sehat, ternyata tanpa kita sadari efek buruk penggunaan gadget sudah menjangkiti kesehatan fisik dan mental kita. Yuk kurangi kecandung gadget dengan tips yang sudah kami berikan. Semoga sukses, Sobat Sehat!

 

Sumber : dari berbagai sumber.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *