Waspada, Terlalu Lama Duduk, Usia Bisa Cepat Berkurang, Lo!

Published by Dewi Dwiputri on

Duduk Terlalu Lama, Usia Bisa Cepat Berkurang, Lo!

duduk terlalu lama

http://www.eatthis.com/

Karena terlalu asyik bekerja, banyak orang lupa bergerak dan duduk terlalu lama. Duduk memang lebih nyaman daripada bergerak karena tidak menimbulkan rasa capek.

Terlalu Lama Duduk, Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Menurut studi yang dilakukan Alpa V.Patel, PhD, ahli epidemiologi ACS, orang-orang yang menghabiskan waktu untuk duduk setidaknya 6 jam sehari meninggal lebih cepat daripada mereka yang duduk kurang dari 3 jam. Mereka yang duduk terlalu lama dan jarang bergerak memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

Studi yang melibatkan lebih dari 100 ribu responden ini juga menunjukkan bahwa duduk terlalu lama dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Duduk dapat meningkatkan risiko penyakit mematikan, seperti penyakit jantung.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk aktif berdiri dan berjalan-jalan untuk mencapai level optimal dari aktivitas fisik.

Menjaga DNA Tetap Muda dengan Mengurangi Waktu Duduk

Para peneliti Swedia menemukan bahwa menghabiskan lebih sedikit waktu untuk duduk akan membuat usia lebih panjang karena DNA tetap muda. Sebaliknya, semakin banyak waktu yang digunakan untuk aktif bergerak akan memperpanjang potongan DNA yang disebut telomere.

Pada umumnya, telomere yang bertugas melindungi ujung kromosom semakin lama cenderung semakin pendek hingga tak bisa lagi memendek dan menyebabkan kematian sel.

Meskipun tidak persis sama, penelitian senada lain yang dilakukan Dr. David Katz dari Yale University, menunjukkan bahwa mengurangi waktu duduk setiap hari akan memperpanjang ukuran telomere.

Teori tentang telomere menjadi salah satu yang menarik untuk diperhatikan, meskipun banyak faktor lain yang memengaruhi usia dan kesehatan seseorang,.

Tips Mengurangi Duduk Terlalu Lama

duduk terlalu lama

https://www.lifehack.org

Sobat Sehat, untuk menghindari efek negatif duduk terlalu lama, lakukanlah beberapa tips berikut:

  • Lakukan peregangan secara berkala pada jam-jam tertentu jika pekerjaan memaksa Anda untuk duduk sepanjang waktu. Tidak perlu aktivitas fisik yang berat, cukup dengan gerakan sederhana sehingga aliran darah kembali mengalir lancar.
  • Carilah alasan untuk bergerak. Misalnya, berjalan ke toilet untuk BAK, berkoordinasi langsung dengan rekan kerja yang berada di ruangan lain, mengambil minuman sendiri, lebih memilih komunikasi tatap muka daripada aplikasi chatting, dan sebagainya
  • Hindari kursi yang terlalu empuk karena dapat membuat Anda tergoda untuk duduk lebih lama dan lupa bergerak.
  • Jangan hanya menghabiskan waktu untuk duduk di tempat yang sama sepanjang hari, terutama pada waktu istirahat. Bergeraklah, cari udara segar, dan berbincang sejenak dengan rekan kerja.

Hidup sehat adalah idaman semua orang. Oleh karena itu, menjaganya juga perlu dilakukan dengan sepenuh hati. Jika Sobat Sehat membutuhkan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh, seperti produk Imunos, Imboost dan Stimuno, Sobat Sehat dapat membelinya secara online di K24Klik.

Nah, Sobat Sehat, mulailah untuk mengurangi waktu duduk demi mendapatkan kesempatan dan usia yang lebih panjang.

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *