Kriteria Janin Sehat yang Harus Diperhatikan Saat Kunjungan ke Dokter Kandungan

Published by Dewi Dwiputri on

Dokter Kandungan, Hal ini yang Perlu Ditanyakan saat Kontroldokter kandungan

http://www.sunimayalandirma.net/

Sobat sehat, ibu hamil disarankan rutin memeriksakan kandungannya untuk memastikan kesehatan Ibu dan janin. Ketika berkunjung ke dokter kandungan, calon orang tua biasanya selalu penasaran dengan jenis kelamin si calon jabang bayi. Padahal, ada banyak hal lain yang jauh lebih penting terkait kesehatan janin yang perlu diperhatikan. Nah agar kunjungan sobat sehat tidak sia-sia, berikut hal-hal yang bisa ditanyakan kepada dokter kandungan terkait hasil pemeriksaan kehamilan.

  1. Letak Janin

Pada awal kehamilan—trimester pertama, sobat sehat perlu ke dokter kandungan untuk memastikan bahwa Anda memang benar-benar telah hamil, bukan hanya hamil anggur (mola hidatidosa) atau kehamilan tanpa embrio (blighted ovum). Selanjutnya dari pemeriksaan USG dapat diketahui di mana letak janin, apakah ada di dalam atau di luar rahim. Apabila kehamilan terjadi di luar rahim (kehamilan ektopik) maka hal tersebut merupakan keadaan yang berbahaya dan harus segera dilakukan tindakan oleh dokter.

  1. Dokter Kandungan, Perkiraan Berat Janin dan Usia Kehamilan

Perkiraan berat janin dan usia kehamilan perlu dipantau untuk evaluasi pertumbuhan janin di dalam rahim. Berat janin dapat diperkirakan dari perhitungan tinggi puncak rahim bila sudah memasuki trimester kedua. Cara lain yang lebih akurat adalah dengan melihat dari ukuran bayi pada pemeriksaan USG. Tanyakan kepada dokter kandungan apakah pertumbuhan janin sobat sehat sudah sesuai dengan usia kehamilan atau belum.

  1. Kelainan Kongenital

dokter kandungan

https://www.freepik.com/

Beberapa kelainan pada janin dapat diketahui sejak di dalam rahim dan dapat dilakukan tindakan selanjutnya. Sobat sehat mungkin memerlukan pemeriksaan USG 3D, namun dengan USG 2D pun sudah cukup bisa memperkirakan adanya kelainan. Kelainan yang bisa dideteksi misalnya janin tanpa kepala (anencephaly), jumlah jari berlebih (polydactyly) atau sindrom tertentu terkait genetik. Meski demikian, pemeriksaan USG belum tentu 100% menunjukkan semua kelainan.

  1. Keadaan Cairan Ketuban

Sobat sehat perlu menanyakan jumlah cairan ketuban saat pemeriksaan, apakah cukup atau tidak. Cairan ketuban yang kurang atau justru berlebih dapat menunjukkan adanya kelainan tertentu pada janin. Selain itu berkurangnya cairan ketuban dengan cepat saat trimester akhir dapat menjadi keadaan yang berbahaya bagi janin.

  1. Posisi Janin dan Plasenta

Pemeriksaan ini biasanya dilakukan pada trimester akhir menjelang kelahiran untuk memastikan metode apa yang akan dipakai untuk melahirkan. Dokter akan memastikan bahwa posisi calon bayi sobat sehat tidak sungsang atau terlilit tali pusat agar bisa melahirkan normal. Posisi plasenta juga perlu dipastikan tidak menutupi jalan lahir dan tidak tertanam terlalu dalam sehingga dapat menimbulkan perdarahan.

Nah itulah tadi hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke dokter kandungan. Bagi sobat sehat yang sedang hamil, perlu lebih berhati-hati saat menggunakan obat. Apabila ragu, sobat sehat bisa berkonsultasi mengenai penggunaan obat-obatan di livechat kami di www.k24klik.com.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *