Share this:
cek gula darah
https://www.freepik.com/

Cek Gula Darah di Rumah? Begini Cara Penggunaannya

Alat cek gula darah seperti sahabat bagi Sobat Sehat yang memiliki diabetes. Benda ini sangat dibutuhkan untuk memantau gula darah tanpa repot harus ke klinik atau rumah sakit. Yuk, baca terus untuk lebih mengetahui cara penggunaan serta alasan mengapa hasil tes tidak akurat!

Apa Itu Alat Cek Gula Darah?

Alat cek gula darah merupakan alat kesehatan yang dapat digunakan untuk mengukur nilai gula darah dalam tubuh. Memiliki bentuk yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Alat ini juga menawarkan kemudahan penggunaan bagi diabetesi sehingga dapat melakukan pengecekan secara mandiri tanpa bantuan tenaga medis. Dengan penggunaan yang disiplin, diabetesi dapat mencegah terjadinya komplikasi yang biasanya menyertai penyakit diabetes.

Bagaimana Cara Menggunakan Alat Cek Gula Darah yang Benar?

Bolehkah melakukan pengecekan gula darah mandiri di rumah? Tentu saja boleh, Sobat Sehat. Namun, sebelum menggunakan alat tersebut, Sobat Sehat perlu mengetahui bagian-bagian dari alat cek gula darah dan cara penggunaannya yang tepat. Berikut nama bagian-bagian pada perangkat pengecekan gula darah yang perlu Sobat Sehat ketahui:

  • Lanset (jarum kecil)
  • Perangkat lancing (untuk menahan jarum)
  • Alkohol swab
  • Strip uji
  • Meteran glukosa
  • Kotak portabel
  • Kabel untuk mengunduh data (jika diperlukan)

Setelah mengetahui berbagai nama alat yang terdapat di dalam perangkat pengecek gula darah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun dan air mengalir.
  2. Letakkan lanset ke dalam perangkat lancing.
  3. Masukkan strip tes ke meteran glukosa.
  4. Usap ujung jari dengan kapas beralkohol
  5. Tusuk ujung jari dengan lanset agar darah dapat keluar dan diambil.
  6. Letakkan setetes darah pada strip tetes dan tunggu hasilnya. Umumnya, angka yang menunjukkan kadar gula darah akan muncul dalam beberapa detik pada layar meteran.

Jika alat yang Sobat Sehat gunakan ternyata sedikit berbeda, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasan, ya!

Apakah Cek dengan Alat Cek Gula Darah Akurat?

glucometer, diabetes
https://www.pexels.com/

Hingga saat ini, alat cek gula darah dapat memberikan hasil yang cukup akurat. Namun, angka yang muncul pada layar alat cek gula darah bisa saja salah dikarenakan beberapa alasan. Berikut beberapa hal yang dapat mempengaruhi hasil cek gula darah.

1. Kesalahan pengguna

Kesalahan pengguna dalam mengoperasikan alat tes gula darah menjadi penyebab utama dalam kekeliruan pembacaan hasil tes. Pastikan Sobat Sehat sudah memahami dengan benar mengenai penggunaan alat ini. Bila merasa kebingungan, konsultasikan kepada petugas medis untuk mengetahui cara penggunaan dan membaca hasil dengan tepat.

2. Sampel darah yang digunakan tidak steril

Pengambilan sampel darah biasanya dilakukan di ujung jari. Pengambilan sampel darah dari jari yang tidak steril contohnya jari yang terdapat bekas makanan, minuman, atau pelembab wajah dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan kadar gula darah yang tertera pada layar. Bila perlu gunakan tisu beralkohol dan membiarkannya hingga kering sebelum mengambil sampel darah.

3. Keadaan Lingkungan

Kelembapan dan suhu dalam suatu ruangan tertentu dapat mempengaruhi pembacaan kadar gula darah. Tubuh ataupun strip dapat terpengaruh akibat keadaan lingkungan. Pada beberapa glikometer terdapat instruksi penggunaan alat tes pada situasi tertentu.

4. Strip yang tidak sesuai dengan alat ukur

Harga strip pengukuran yang mahal membuat sebagian orang akan memilih strip lain yang lebih murah. Namun, yang harus Sobat Sehat ketahui bahwa tidak semua strip sesuai dan dapat digunakan dengan alat ukurnya, kecuali strip bawaan glukometernya sendiri. Hal ini tentu berpengaruh pada pembacaan hasil pemeriksaan gula darah.

5. Cek Masa Berlaku Strip

Hal lain yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan gula darah yakni, strip yang sudah kadaluarsa. Jadi jangan lupa pastikan strip yang digunakan belum habis masa berlakunya, ya Sobat Sehat!

Sobat Sehat, itu tadi cara penggunaan serta alasan ketidakakuratan pada alat cek gula darah. Kini beli alat cek gula darah dan alat kesehatan lainnya semakin mudah. Tak perlu mengantri dan bermacet-macetan di jalan. Cukup download aplikasi K24Klik, kemudian pilih produk yang ingin dibeli dan tunggu pesanan diantarkan ke rumah. Tersedia alat cek gula darah dengan berbagai merk seperti, ACCU CHECK ACT METER, AUTOCHECK 3IN1 GCU METER, dan ON CALL REDI GLUCOSE STARTER KIT. Semoga bermanfaat.

Sumber : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *